Tekno

30 Juta Lebih Pelanggan Prabayar Telah Registrasi Ulang SIM Card

Foto: Istimewah

PIAH.COM – Tak kurang dari 30 juta SIM card pelanggan kartu prabayar telah melakukan pendafataran atau registrasi ulang sesuai instruksi Kominfo menggunakan NIK dan nomor KK. Angka ini dicapai dalam waktu 2 hari saja atau sejak tanggal 31 Oktober 2017. Ini menunjukkan bahwa pelanggan prabayar cukup antusias dengan kebijakan registrasi ulang.

Seperti yang kita ketahui, pengguna bisa melakukan registrasi dengan mengirim SMS ke 4444 dengan format NIK#nomorKK# untuk pelanggan baru dan format ULANGNIK#nomorKK# untuk pelanggan lama dengan data yang sesuai pada eKTP dan KK. Proses registrasi ulang juga telah disosialisasikan oleh masing-masing operator seluler tanah air.

“Hingga sore ini pukul 16.30 WIB tercatat sudah ada 30.201.602 kartu SIM yang melakukan registrasi ulang dan sudah tervalidasi datanya. Angka yang diperoleh hanya dalam kurun waktu baru 2 hari ini menjadi tanda bahwa para pelanggan seluler prabayar sama sekali,” kata Dirjen Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kominfo, Ahmad Ramli.

Sebelumnya sempat beredar informasi palsu atau hoax terkait dengaN registrasi ulang pelanggan kartu pabayar. Hoax yang beredar mengatakan bahwa registrasi ulang ini adalah palsu dan tidak diinstruksikan oleh Kominfo.

Ada juga hoax yang menyebutkan bahwa registrasi ulang ini datanya akan dimanfaatkan oleh pihak tertentu. Meski demikian, masyarakat cukup pintar, sehingga hoax yang beredar tidak berpengaruh.

“Cara SMS itu sebetulnya sudah paling mudah. Pelanggan cukup melakukan registrasi tanpa biaya dan pulsa dengan mengirim SMS ke 4444. Bagi yang prosesnya sempat gagal kemungkinan trafiknya saat itu mungkin lagi tinggi sekali.”

“Makanya saya beserta kawan-kawan operator ingin mengingatkan bahwa registrasi ulang tidak perlu buru-buru sehingga panik tapi tidak disarankan juga melakukannya mendekatai batas waktu akhir,” kata Ketua Asosiasi Penyelenggara Telekomunikasi Seluruh Indonesia (ATSI), Merza Fachys.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top