Edukasi

Bahaya Limbah Plastik dan Penanggulangan !

PIAH.COM – Plastik adalah hal yang butuh waktu lama untuk bisa memuai dengan tanah salah satu penyumbang pencemaran lingkungan paling besar di bumi ini. Dengan waktu lapuk antara 10-20 tahun, membuat banyak pihak mulai khawatir hingga mereka membuat plastik ramah lingkungan. Tujuannya adalah agar plastik ini muda hancur dan segera menyatu dengan tanah.

Kita harus terbuka dan bersegera mungkin menyadari hal ini, sebuah ilmuwan membuat sebuah revolusi baru dalam pengolahan plastik. Proses ini dapat dilakukan karena pada dasarnya plastik adalah polimer atau rantai panjang atom yang saling mengikat satu sama lain. dan dasarnya plastik berasal dari minyak bumi, maka proses ini dapat dikatakan hanya mengembalikannya ke dalam bentuk asal mulanya. Limbah dari bahan susah lapuk ini akhirnya didaur ulang menjadi sebuah bahan bakar untuk mesin diesel pengganti solar.

Jika penelitian ini bisa berhasil dengan baik, tentu pengolahan limbah plastik jadi BBM itu bisa mendatangkan keuntungan. Satu kilogram limbah plastik yang harganya sekitar Rp 500, jika diolah, bisamenghasilkan satu liter BBM seharga Rp 8.000. Yang terpenting, hal ini bisa mengurangi sampah plastikyang sulit didaur ulang dan sekaligus sebagai energi alternatif menggantikan bahan bakar dari fosil ( rev/piah ).

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
Right Menu Icon