News

Ada Kelompok Radikal di Pemilu, GP Ansor Lapor ke Jokowi

Foto : Istimewa

PIAH.COM –  Gerakan Pemuda Ansor melapor ke Presiden Jokowi perihal adanya kelompok radikal yang terkonsolidasi terkait Pilpres 2019. Ia menyebutkan kelompok-kelompok tersebut tersebar di Indonesia.

Ketum GP Ansor Yaqut Cholil Qoumas membenarkan hal tersebut, Yaqut mengaku mengajak seluruh pimpinan wilayah diseluruh Indonesia untuk datang.

“Saya ajak seluruh pimpinan wilayah seluruh Indonesia dari 34 provinsi datang. Mereka semua melaporkan kepada Presiden situasi yang terjadi di daerah masing-masing,” ujar Yaqut, Jumat (11/1/2019).

Yaqut lalu menjabarkan bahwa ada dua hal yang ia laporkan ke presiden RI, yaitu terkait perubahan dan situasi politik, dan soal kelompok radikal yang terkonsolidasi karena kontestasi pilpres.

Yaqut mengatakan kelompok radikal itu salah satunya berada di Jawa Barat dan Riau. Mereka disebut menginduk ke salah satu peserta pemilu.

“Mereka bukan merusak pemilu, namun mereka menginduk pada salah satu kontestan pemilu untuk masukkan agenda-agenda mereka,” ucapnya.

Namun Yaqut enggan menyebut kelompok radikal tersebut menyusup ke mana. GP Ansor meminta Jokowi menindak orang-orang yang tergabung dalam kelompok radikal.

Yaqut juga mengatakan ia paham pemerintah terbentur dengan UU yang tidak bisa main pecat ASN, namun ia tetap meminta pemerintah untuk segera menindak orang-orang tersebut.

“Kami paham pemerintah terbentur dengan UU tak bisa main pecat ASN yang terlibat dalam gerakan khilafah itu. Memutasi pun ada aturannya karena ada UU ASN yang atur,” ujar Yaqut.

“Kami minta presiden setelah kontestasi politik selesai, pemerintah segera menindak orang-orang seperti ini yang sekarang ada di institusi pemerintah,” imbuhnya.

GP Ansor juga menyampaikan sikapnya melawan kelompok radikal. GP Ansor meminta jangan sampai ada pihak yang ingin mengganti ideologi Pancasila di Indonesia.

“Selama ini kami kami melakukan itu. Coba kalau Banser dan NU tak lakukan itu, mereka akan mudah bersemai. Kawan-kawan tahu kan bagaimana Banser berhadapan dengan kelompok radikal ini,” paparnya.
(faj/piah)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
Right Menu Icon