News

Akibat Gempa Berkuatan 7,4 Dari Maluku, Warga Australia Dievakuasi

PIAH.COM – Senin 24/06/2019 sebuah guncangan gempa bumi yang berpusat di kawasan Maluku, Indonesia, dan ternyata guncangan tersebut terasa sampai ke Darwin Australia, warga di pusat kota wilayah Darwin dievakuasi.

Tak ada peringatan tsunami akibat gempa ini. Badan Metereologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Indonesia menyebut gempa ini bermagnitudo 7,4. CNN menyebut gempa ini bermagnitudo 7,3. Biro Meteorologi Australia mencuitkan lewat akun Twitternya, @BOM_au, menyebut gempa ini bermagnitudo 7,2 berpusat dekat Laut Banda.

The Guardian melaporkan, penduduk Darwin menyaksikan gedung-gedung berayun menyusul evakuasi terhadap penduduk di pusat kota.

Penduduk Darwin melaporkan meja-meja bergetar. Hingga saat ini tak ada laporan kerusakan atau korban luka-luka akibat gempa ini.

“Ini jelas sesuatu yang terasa cukup kuat di Distrik Pusat Bisnis (CBD) Darwin,” kata seismologis Geoscince Australia, Jonathan Bathgate.

BMKG menjelaskan, gempa pukul 09.52 WIB itu berpusat di laut 289 km arah barat laut Saumlaki, Maluku Tenggara Barat. Pusat gempa berada pada kedalaman 220 km.

Belum ada kabar mengenai apakah akan ada gempa susulan selanjutnya, ( fik/piah ).

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top