News

AKSI 2018, Jokowi Minta Para Siswa Pahami dan Hargai Perbedaan

Foto: Istimewa

PIAH.COM – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajak para siswa yang tergabung dalam acara Apresiasi Kebangsaan Siswa Indonesia (AKSI) 2018 untuk memahami perbedaan yang ada di republik ini. Karena, Indonesia negara besar.

“Saya ingatkan, negara ini negara besar yang berbeda dengan negara lain. Kita ini dianugerahi Tuhan, Allah SWT perbedaan yang banyak sekali. Berbeda suku, agama, adat tradisi, bahasa daerah. Anak-anak harus mengerti masalah ini,” kata Jokowi di Bogor, Rabu (10/10/2018).

Menurut dia, perbedaan yang ada ini perlu disadari supaya masyarakat Indonesia termasuk anak-anak sekolah jangan gampang sekali diadu domba.

“Kalau tidak kita sadari gampang sekali kita ini diadu-adu, antar agama dipanas-panasin, antar suku diadu. Berbahaya sekali negara ini,” ujarnya.

Oleh karena itu, Jokowi mengaku senang ada kegiatan seperti Apresiasi Kebangsaan Siswa Indonesia (AKSI) 2018 ini supaya anak-anak sadar bahwa Indonesia milik anak-anak generasi bangsa semua.

“Saya ingatkan, jangan tidak sadar. Ada yang dari Papua, Batak Minahasa Bugis, Sunda Jawa, Dayak Minahasa. Inilah negara kita Indonesia. Kita harus sadar betul jangan sampai kita diadu karena kepentingan luar bisa kepentingan politik di dalam. Berbahaya sekali,” jelas dia.

Apalagi, kata Jokowi, anak-anak semua adalah pemimpin di sekolah masing masing baik pimpinan rohaniawan atau pimpinan OSIS.

“Kalau tak bisa mengajak dan mengingatkan teman-temannya bahwa kita Indonesia ini beragam, berbeda-beda, berbahaya sekali,” tandasnya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
Right Menu Icon