News

Badut Karakter Yang Lucu Atau Menyeramkan ?

PIAH.COM – Badut, mendengar kata itu mungkin asumsi yang pertama kali keluar di benak kalian adalah, sosok pria gemuk dengan kostum yang begitu berwarna, mengenakan wig berwarna, dengan make putih super tebal, hidung bulat berwarna merah.

Beberapa hal seperti pesta, hiburan, sulap, festival pasti ada dikaitkan dengan sosok badut ini, dimana memanglah karakter badut diciptakan untuk sebagai sosok penghibur, khususnya untuk mereka para anak – anak.

Namun beberapa orang menganggap badut sebagai karakter yang sangatlah menyeramkan, dan bahkan dapat memberikan mimpi buruk nantinya, hal tersebut merupakan sebuah Fobia atau ketakutan yang dapat dijelaskan secara ilmiah, berikut penjelasannya.

Fobia terhadap badut memiliki nama ilmiah coulrophobia, menurut ilmu psikologi, ketakutan berlebih atau fobia biasanya disebabkan oleh trauma atau dorongan alam bawah sadar.

Rami Nader, seorang psikolog asal Kanada yang secara khusus mempelajari tentang coulrophobia mengatakan kepada Wshington Post, fobia terhadap badut yang banyak dialami orang di seluruh dunia disebabkan oleh riasan tebal yang terkesan aneh, serta rasa ngeri karena badut seolah menyimpan misteri tentang identitas dan perasaan mereka yang sebenarnya.

Dengan kata lain, penampilan menor badut (dengan wig, hidung besar merah, bedak tebal, dan baju yang aneh) mengaburkan identitas dan perasaan mereka. Sehingga otak penderita fobia badut tidak bisa menentukan apakah badut itu bahagia atau mengancam. Jika dia membawa keceriaan, apakah mereka benar-benar merasa ceria?

Image result for badut pembunuh dalam sejarah

Di tahun 1970-an, sebuah kasus pembunuhan yang dilakukan oleh pembunuh berantai John Wayne Gacy. Dia menyamar sebagai badut bernama Pogo the Clown yang biasanya melukis gambar badut. Ternyata ia merupakan aktor di balik tewasnya 33 orang secara sadis. Sejak saat itu, anggapan hubungan antara badut dengan hal yang mengerikan serta menimbulkan trauma mulai muncul.

Ditambah sering bermunculan para Badut pembunuh yang sering muncul ditengah hutan, ataupun jalan yang sepi saat malam, mereka merupakan orang physicopat yang menyamar menjadi Badur, dan tak segan membunuh orang tanpa sebab.

Jadi Badut merupakan sebuah tokoh karakter yang aslinya dibuat untuk sebuah hiburan yang jenaka, namun pandangan lain terhadap Badut merupakan hal dari setiap orang masing – masing, ( fik/piah ).

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top