Tips & Trik

Bahaya Sarapan dengan Makanan Pedas

Foto: Istimewa

PIAH.COM – Mayoritas masyarakat Indonesia sangat suka dengan makanan pedas, bahkan sering mengkonsumsinya untuk sarapan pagi meski sebelumnya perut dalam keadaan kosong.

Sebagian dari mereka meyakini, sarapan pagi dengan makanan pedas disebut-sebut bisa menghilangkan rasa kantuk, namun berbeda dengan pakar kesehatan yang menyebut bisa memberikan dampak buruk bagi kesehatan.

Seperti apakah dampak tersebut?

Biasanya, mengantuk setelah makan disebabkan oleh mengonsumsi makanan dalam jumlah yang banyak atau mengonsumsi makanan yang tinggi kalori.

Hal ini memang benar karena tubuh mencurahkan energinya ke saluran pencernaan sehingga membuat otak memilih ‘mode hemat’ sehingga membuat kita mengantuk.

Hanya saja, menurut Guru Besar dari Institut Pertanian Bogor Prof. Ali Khomsan, MS, rasa kantuk di pagi hari sebenarnya lebih sering terjadi pada mereka yang tidak sarapan. Hal ini disebabkan oleh tidak adanya sumber energi sehingga membuat tubuh berusaha untuk menghemat daya.

Prof. Ali juga menyarankan kita untuk tidak mengonsumsi makanan yang terlalu pedas atau asam karena akan membuat energi yang dibutuhkan untuk menjalankan sistem pencernaan menjadi lebih besar.

Hal ini berarti, jika kita mengonsumsi makanan pedas saat sarapan, risiko untuk mudah mengantuk di pagi hari sebelum jam makan siang pun akan meningkat. Hal ini tentu akan membuat kita tidak produktif, bukan?

Prof. Ali juga menyarankan kita untuk mengonsumsi makanan dengan rasa yang netral saja saat sarapan. Meskipun begitu, sebaiknya kita juga memastikan bahwa saat sarapan kita sudah memenuhi kadar gizi yang seimbang.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
Right Menu Icon