MITOS

Bahaya Tidur Lebih dari 8 Jam, Bisa Bikin Sakit kepala dan Depresi

Foto : Istimewa

PIAH.COM – Menurut ahli kesehatan, tidur yang baik itu tak lebih dari 8 jam dan tak kurang dari 6 jam dalam sehari. Bagi sebagian orang, ada yang menganggap kalau tidur itu hobi karena sangat nikmat.

Mereka yang memiliki hobi ‘molor’, biasanya dalam sehari mereka membutuhkan waktu tidur lebih dari 8 jam. Dan diperparah lagi dengan kebiasaan begadang yang berdampak buruk bagi kesehatan.

Ketahuilah, kalau tidur lebih dari 8 jam itu sangat berbahaya. Berikut beberapa dampak buruknya bagi kesehatan.

1. Menambah berat badan

Menurut sebuah studi, waktu tidur ternyata ada hubungannya dengan diabetes dan obesitas. Orang yang tidurnya lama cenderung jarang bergerak sehingga berat badannya jadi bertambah. Jadi wajar saja orang yang kerjaannya tidur, berat badannya akan bertambah.

2. Membuat depresi

Terlalu banyak tidur bisa jadi adalah tanda kalau kamu sedang mengalami keputusasaan dan kelelahan. Kamu tidak ingin meninggalkan tempat tidur karena dunia ini tidak membuat kamu bahagia. Jadi kamu lebih memilih tidur saja dari pada harus menghadapi dunia ini. Terlalu banyak tidur bisa jadi tanda kalau kamu sedang depresi.

3. Menyebabkan penyakit jantung

Tidur selama lebih dari 8 jam dalam sehari dapat meningkatkan risiko terkena penyakit jantung sebesar 34%. Terlebih lagi menurut penelitian, wanita biasanya tidur lebih lama dibandingkan pria, yang membuat mereka lebih rentan terkena penyakit jantung.

4. Sakit kepala

Kurang tidur dapat menyebabkan sakit kepala, begitupun sebaliknya, terlalu banyak tidur juga dapat menyebabkan sakit kepala. Hal itu dikarenakan tidur terlalu lama dapat mempengaruhi neurotransmiter di otak dan sertonin kita.

5. Melemahkan daya ingat otak

Menurut penelitian, tidur terlalu lama dapat mempengaruhi kinerja otak. Pada gilirannya akan mempengaruhi fungsi kognitif otak kita sehingga kemampuan daya ingat kita jadi melemah. (yan/piah)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top