Sains

Baru-Baru Ini Ilmuan Antariksa Ungkap Total Bulan yang Dimiliki Planet Jupiter

Foto: Istimewah

PIAH.COM – Baru-baru ini tim astronomi telah menemukan penemuan baru terhadap 12 Bulan yang belum diketahui di planet Jupiter dan membuatnya memiliki satelit alami sebanyak 79 Bulan. Namun, yang menjadi pertanyaan mereka adalah mengapa planet Bumi hanya memiliki 1 bulan?

Atronom terkenal Galileo Galilei memperhatikan empat benda langit yang terlihat berputar di sekitar Jupiter. Mereka adalah empat bulan terbesar Jupiter yang diberi nama Io, Europa, Ganymede, dan Castillo, Sabtu(18/8).

Seiring kemajuan teknologi yang kini canggih, ditemukan lagi satelit alami Jupiter lainnya yang kini telah berjumlah 79 buah. Tidak ada planet lain di tata surya yang bisa menyamai jumlah tersebut seperti yang dimiliki planet Jupiter.

Menurut ilmuan, semakin banyak jumlah satelit, maka Jupiter akan terus dipengaruhi gaya gravitasi. Astronom membagi planet-planet dalam tata surya menjadi dua kategori yaitu planet dalam dan planet luar.

Planet Juputer memiliki ukuran yang sangat besar di tata surya inu. Planet itu mampu menarik lebih banyak satelit. Dengan massanya yang sangat besar, gravitasi planet pun jadi lebih besar.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top