Informasi Publik

Begini Proses Seleksi Daftar SNMPTN 2019

Foto: Istimewa

PIAH.COM – Tahapan pengisian dan verifikasi Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) dalam Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) telah berakhir. Selanjutnya, siswa perlu bersiap-siap untuk melakukan pendaftaran SNMPTN.

Siswa yang dapat melakukan pendaftaran adalah siswa yang memenuhi kriteria pemeringkatan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT). Pendaftaran SNMPTN akan dibuka pekan depan atau pada 4 Februari 2019.

Dalam pendaftaran SNMPTN 2019, siswa pendaftar hanya diperbolehkan untuk memilih maksimal dua program studi (prodi) dalam satu perguruan tinggi negeri (PTN) atau dua PTN. Perlu diperhatikan bahwa urutan pilihan PTN dan prodi menyatakan prioritas pilihan.

Nantinya, siswa pendaftar akan diseleksi di PTN pilihan pertama berdasarkan urutan pilihan prodi. Bagi siswa pendaftar yang memilih prodi di dua PTN, jika tidak lulus di PTN pilihan pertama, siswa pendaftar akan diikutkan seleksi di PTN pilihan kedua berdasarkan ketersediaan daya tampung.

Sedangkan untuk siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), siswa pendaftar hanya diizinkan memilih prodi yang relevan sesuai ketentuan oleh masing-masing PTN.

Terkait daftar program studi dan daya tampung SNMPTN tahun 2019 baru dapat dilihat pada laman http://www.snmptn.ac.id selama periode pendaftaran dibuka.

Adapun untuk menjaring calon mahasiswa yang berkualitas secara akademik, proses seleksi dilakukan dengan menggunakan nilai rapor dan prestasi-prestasi lainnya yang relevan dengan program studi yang dipilih. Panitia SNMPTN juga memperhitungkan rekam jejak kinerja sekolah.

Selain itu, seleksi juga menggunakan kriteria seleksi nasional dan kriteria yang ditetapkan oleh masing-masing PTN secara adil, akuntabel, dan transparan.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top