Sains

Benarkah Bumi Punya Satelit Lain Selain Bulan? Ini Penjelasannya

ilustrasi. Foto: ISTIMEWAH

PIAH.COM – Sahabat Piah Sejak kecil kita sudah diajarkan bahwa bumi hanya mempunyai satu satelit alami, yaitu bulan. Sebagian besar planet dalam sistem tata surya mempunyai banyak satelit. Tapi bumi hanya punya satu, benarkah demikian?

Bulan satelit terbesar bumi?

Sebuah penelitian mengusulkan bahwa satelit bumi bukan hanya bulan saja, tetapi ada benda langit lain yang tertangkap oleh gravitasi bumi. Sehingga ikut mengorbit. Bulan adalah satelit terbesar bumi. Sedangkan terdapat benda-benda langit lain berukuran kecil yang ikut mengorbit pada bumi.

Ada benda-benda langit kecil yang mengorbit bumi

Sebuah penelitian yang diterbitkan di Frontiers oleh sekumpulan ahli astronomi pada bagian Astronomi dan Sains Luar Angkasa menyebutkan, bahwa terdapat benda langit yang beredar mengorbit pada bumi. Benda itu berdiameter antara satu dan dua meter.

Benda langit itu selalu muncul dari waktu ke waktu. Hal ini dapat menjadi jendela bagi para ilmuwan untuk menemukan siklus hidup dari asteroid.

Benda itu menjadi objek natural pengorbit bumi

Objek tersebut pertama terdeteksi pada tahun 2006 dan menjadi objek natural yang pertama kali mengorbit pada bumi selain bulan sendiri. Objek itu disebut TCOs dan TCFs yang memiliki kepanjangan “temporarily-captured orbiters” dan “temporarily-captured flybys”, seperti yang dilansir dari laman Bgr.com.

Penemuan baru untuk mempelajari siklus asteroid

Para peneliti percaya bahwa teknologi teleskop yang lebih canggih akan dapat digunakan untuk meneliti objek tersebut. Jika hal tersebut dapat diwujudkan, para ahli astronomi akan bisa menggunakannya sebagai model untuk diteliti dan menemukan siklus perpindahan asteroid di sistem Tata Surya. (den/piah)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top