Edukasi

Benarkah Manusia Bisa Berbicara Dengan Hewan ?

PIAH.COM – Sedang heboh di media sosial, yang mengatakan bahwa calon Presiden nomor urut 2 bisa berbicara dengan hewan, apa benar ? sedangkan hewan tidaklah memiliki bahasa yang menggunakan kata – kata seperti manusia.

Mengenai hal itu, para peneliti saat ini sedang menggarap perangkat ‘kecerdasan buatan’ untuk menerjemahkan bahasa hewan peliharaan di masa depan. Pakar perilaku hewan Con Slobodchikoff dari Northern Arizona University memprediksi kemungkinan hewan peliharaan dan pemiliknya bisa saling ‘berkomunikasi’ menggunakan alat penerjemah dalam waktu kurang dari sepuluh tahun.

Namun, jangan dikira berkomunikasi yang dimaksud adalah betul-betul bisa berbicara bahasa hewan ataupun sebaliknya.

Mungkin suatu ketika anda pernah berbicara dengan hewan peliharaan anda, seperti memanggilnya untuk makan, memarahinya untuk tidak melakukan sesuatu yang menggangu, hingga mengajarinya suatu hal.

Memanglah tidak menutup kemungkinan seekor hewan bisa mengerti perkataan manusia, ada beberapa hewan yang bisa mengerti bahasa dari manusia, berikut hewan – hewan tersebut.

Kuda

Image result for kuda

Sebuah studi di Norwegia yang dipublikasikan di dalam jurnal Applied Animal Behaviour Science membuktikan bahwa kuda dapat memberitahu pawangnya mengenai suhu tubuh mereka. Para peneliti dari Norwegia melatih kuda menggunakan sebuah papan untuk memberi tahu apakah mereka sedang kepanasan atau kedinginan.

Anjing

Image result for anjing

Pada tahun 2012, sebuah studi psikolog anak dari Central European University di Hungaria menemukan fakta bahwa kemampuan berkomunikasi anak bayi sama dengan kemampuan seekor anjing. Ditunjang sejumlah teknologi, peneliti menemukan fakta seekor anjing memiliki kemampuan berkomunikasi yang sama dengan anak berusia 6 bulan.

Kucing

Image result for kucing

Sejumlah ahli sepakat kucing mengenali nama mereka sendiri. Dilansir Mirror, dalam sebuah penelitian di Sophia University, Jepang, kucing menunjukkan respons dengan menggerakkan kepala atau telinga ketika nama dipanggil.

“Kucing memahami isyarat manusia,” kata si penulis, Dr. Atsuko Saito.

Namun, hasil penelitian ini mendapat kritik dari sejumlah ahli lainnya. Mengutip Guardian, Dr. John Bradshaw, seorang ahli tentang perilaku anjing dan kucing di Universitas Bristol, menganggap kucing hanya mampu mempelajari suara yang dia dengar karena terbiasa. Misalnya, pemilik sengaja membunyikan piring makanan atau kaleng agar didengar.

“Ini tentu tak menunjukkan kucing bisa memahami bahasa manusia,” tuturnya.

Untuk agar hewan mengerti bahasa yang kita komunikasikan terhadapnya, tentu haruslah dilakukan dalam waktu yang sering dengan pola yang sama, hal itu akan membuat hewan mengerti apa maksud kita, selang berjalannya waktu, karena beberapa hewan memanglah memiliki tingkat kecerdasan yang baik, ( fik/piah ).

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top