MITOS

Benarkah Musik Bisa Bantu Atasi Susah Tidur? Ini Penjelasannya

Foto : Istimewa

PIAH.COM – Kesulitan tidur, merupakan masalah yang tersebar luas dan menimbulkan konsekuensi fisik serta ekonomi yang serius. Namun, ada kekurangan data sistematis tentang seberapa luas itu digunakan, mengapa orang memilih musik sebagai alat bantu tidur, atau dengan cara apa musik bekerja.

Dalam sebuah studi baru menyatakan bahwa musik berfungsi untuk membantu masalah tidur bagi orang yang menghadapi kesulitan untuk mendapatkan waktu tidur yang cukup.

Studi ini menemukan bahwa musik merangsang tidur dan memblokir stimulus internal atau eksternal yang akan mengganggu tidur.

“Studi ini menawarkan pemahaman baru ke dalam motivasi kompleks yang mendorong orang untuk meraih musik sebagai bantuan tidur dan alasan mengapa begitu banyak yang merasa efektif,” kata peneliti termasuk Tabitha Trahan dari University of Sheffield di Inggris.

Untuk memahami kenapa orang memilih musik sebagai bantuan agar bisa tidur, atau bagaimana cara musik bekerja.

Tim menyelidiki musik sebagai bantuan tidur dalam masyarakat umum melalui survei online yang dinilai dari musikalitas, kebiasaan tidur, dan tanggapan teks terbuka terkait apakah musik membantu tidur.

Mereka meneliti 651 orang dewasa, yang memberikan bukti baru ke dalam hubungan antara musik dan tidur dalam populasi yang berkisar luas dalam usia, musikalitas, kebiasaan tidur, serta tingkat stres.

Hasil yang diterbitkan dalam jurnal PLOS ONE, menunjukkan bahwa 62% menggunakan musik untuk membantu mereka tidur.

Bahkan, mereka yang tidak menderita gangguan tidur menggunakan musik dalam kehidupan sehari-hari untuk membantu meningkatkan kualitas pengalaman tidur mereka.

Penelitian juga telah menunjukkan bahwa musik memiliki banyak efek neurologis dan fisiologis menjanjikan yang dapat menjadi indikasi penggunaannya yang efektif dalam melawan masalah gangguan tidur.

Manfaat psikologis subjektif dari musik juga telah dikaitkan dengan perubahan kimia yang diamati melalui tingkat hormon, karena musik meningkatkan oksitosin dan tingkat relaksasi serta mengurangi pikiran negatif. (yan/piah)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top