MITOS

Benarkah Semua Perokok Akan Terkena Kanker Paru-paru? Ini Kata Ahlinya

Foto : Istimewa

PIAH.COM – Merokok adalah salah satu bentuk dari pola hidup yang sudah sangat memprihatinkan di Indonesia. Hampir dari sepertiga penduduk yang berusia di atas 15 tahun adalah perokok, yaitu sekitar 36,3%.

Bahkan, perokok laki-laki mencapai lebih dari 66% atau hampir dua dari tiga laki-laki adalah seorang perokok, sedangkan perempuan hanya 6,7%.

Jumlah perokok pada kelompok anak-anak dan remaja laki-laki di usia 15-19 tahun, meningkat sangat tajam.

Pada tahun 2001 ada sekitar 24,2% sedangkan tahun 2016 ada sekitar 54%. Dengan kata lain, selama kurun waktu 15 tahun jumlah perokok di tingkat remaja meningkat lebih dari 2 kali lipat .

Berbicara mengenai rokok, apakah setiap perokok akan mengalami kanker paru-paru?

dr. Evlina Suzanna, SpPA (K) dari Rumah Sakit Kanker Dharmais, yang ditemui dalam acara Konferensi Pers Lung Cancer and Me oleh Cancer Information and Support Center (28/11/2018), mememberikan penjelasan tentang hal ini.

“Ini yang kita katakan dilema ya, karena ada yang sering merokok tapi tidak terkena kanker paru-paru. Tapi ada juga yang merokoknya jarang tapi bisa terkena kanker paru-paru.” kata Elvina.

“Kalau membahas kanker, kita bicara mengenai faktor risiko. Bukan hanya satu penyebab, seperti penyakit infeksi atau penyakit lainnya. Jadi kalau berbicara mengenai faktor risiko, ada yang bisa kena ada yang tidak terkena.” ujarnya.

Berbicara mengenai kanker, ini juga dikaitkan dengan kerentanan genetik. Jadi apakah orang tersebut genetiknya rentan atau tidak, itu tergantung pada orangnya masing masing.

“Sayangnya, pada kanker paru belum ada cukup teknologi untuk mengetahui kerentanan genetik kanker paru,” jelasnya.

Dia juga menjelaskan kalau sebenarnya rokok itu tidak hanya menyebabkan kanker paru-paru, tapi juga menyebabkan kanker lainnya.

“Tapi kalau berbicara terisiko, merokok tidak hanya berisiko kanker paru tapi juga kanker leher rahim, kanker payudara dan lain sebagainya,” tutupnya. (yan/piah)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top