Berita Hoax

Beredar Foto Ustadz Abdul Somad Pose Satu Jari, Ini Faktanya

Foto : Istimewa

PIAH.COM – Belum lama ini telah beredar di sosial media foto yang memperlihatkan Ustadz Abdul Somad (UAS) berfoto dengan pose satu jari (telunjuk). Beberapa akun mengaitkan foto tersebut sebagai bukti UAS mendukung Pasangan Calon (Paslon) Capres-Cawapres nomor urut 01, Joko Widodo-Ma’ruf Amin.

Salah satu yang membagikan foto tersebut adalah akun Facebook atas nama Abdul Qodir Jaelani, ia membagikan foto tersebut pada Sabtu, 9 Februari 2019. Dalam postingan itu, Jaelani juga menambahkan narasi sebagai berikut :

“Setelah beredar video klarifikasi sikap netral UAS beberapa hari lalu. Ternyata UAS sudah pasti memberikan hak politiknya sebagai warga Negara. Terima Kasih UAS. #TetapJokowi”

Setelah beredar vedio klarifikasi sikap netral UAS beberapa hari lalu, Ternyata UAS sdh pasti memberikan hak politiknya sebagai warga Negara. Terima Kasih UAS. #TetapJokowi

Posted by Abdul Qodir Jaelani on Friday, February 8, 2019

Postingan Jaelani sudah 307 kali dibagikan dan telah 369 kali dikomentari. Seperti yang dibagikan ulang oleh akun Mas Bejo, dengan narasi:

Setelah ditelusuri, foto UAS yang tengah berpose satu jari bukan petanda mendukung Calon Presiden dan Wakil Presiden (Capres dan Cawapres) Nomor Urut 01, Joko Widodo dan Ma’ruf Amin.

Faktanya, foto UAS menunjukkan jari telunjuk tersebut berasal dari akun Twitter @Umar_Hasibuan_ (Umar Hasibuan) yang diposting pada 25 Juni 2018. Sedangkan penetapan nomor urut Capres dan Cawapres baru dilakukan pada September 2018.

Fakta Satu Jari Jari Ustadz Abdul Somad (fb)

Berikut kutipan cuitan narasi foto akun @Umar_Hasibuan_ tersebut:

“Saya, Ustad Abdul Somad Batubara dan @musarajekshah Cawagub Sumut. Semoga Polisi, BIN dan TNI Netral di Pilgub Sumut 27 Juni nanti.”

Dari cuitan itu, dapat diketahui bahwa konteks fotonya terkait Pilgub Sumut 2018. Sebab, Musa Rajekshah saat Pilgub Sumut 2018 maju sebagai Calon Wakil Gubernur (Cawagub) mendampingi Calon Gubernur (Cagub) Edy Rahmayadi dengan nomor urut 1.

“Bila dikaitkan dengan konteks Capres dan Cawapres nomor urut 01 maka tidak berkaitan. Sebab, penetapan nomor Capres dan Cawapres dilakukan pada 21 September 2018,” papar Khairil.

Dari informasi beredar yang telah dirilis, jelas bahwa penetapan nomor urut Capres-Cawapres ialah pada September 2018. Dengan begitu, klaim foto Ustaz Abdul Somad mendukung Capres-Cawapres Nomor Urut 01 tidak benar. Dengan demikian, lanjut Khairil, klaim sumber masuk kategori konten yang salah atau false context. (faj/piah)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top