Berita Hoax

Beredar Isu Sapi Hasil Persilangan dengan Babi itu HOAX, Ini Penjelasan Detailnya!

Foto: Istimewa

PIAH.COM – Belum lama ini ada postingan berbau hoax di facebook mengenai seekor sapi yang bertubuh kekar, berwarna pink dan memiliki wajah mirip babi, itu bukanlah hewan hasil perkawinan antara sapi dan babi.

Sejumlah akun facebook menyebarkan percakapan di grup WhatsApp yang berisi video berdurasi 51 detik tentang seekor sapi yang memiliki tubuh kekar dengan otot menonjol.

Ada yang menduga, sapi itu adalah hasil perkawinan antara sapi dan babi. Sebagian lagi bahkan berspekulasi hewan itu akan dikirim ke negara muslim. Imbauan muncul agar umat muslim di Indonesia tidak mengkonsumsi daging dari Selandia Baru dan Australia .

Setelah ditelusuri ternyata hewan itu memang sapi asli namun hasil pengembangan dari “cross-breeding” antara sapi Freisian Holstein dari Belanda dan sapi Durham Shorthorn dari Inggris.

Menurut seorang pakar dari Fakultas Peternakan Universitas Gajah Mada Tri Satya Mastuti Widi S.Pt.,M.P.,M.Sc. dari akun facebooknya menjelaskan bahwa itu adalah jenis sapi Belgian Blue dan ia menegaskan tidak mungkin sapi dan babi bisa ‘kawin’ karena jauh berbeda.

Perlu Anda ketahui bahwa sapi Beligian Blue adalah hasil proses panjang pengembangan kawin silang selama hampir 200 tahun di Belgia. Selama bertahun-tahun, dikembangkan sebuah mutasi gen alami yang disebut Myostatin.

Alhasil dari mutasi gen tersebut timbul otot sapi jadi lebih berkembang, namun lemaknya sedikit. Sapi ini memiliki tinggi dan berat yang lebih besar dari sapi biasa. Kulitnya pun lebih tipis. Artinya daging yang dihasilkan lebih banyak.

Kementerian Pertanian saat ini sedang mengembangkan teknologi inseminasi buatan dengan mencari bibit sapi unggulan, termasuk jenis sapi biru Belgia. Di Indonesia, pemerintah sudah berhasil mengembangbiakkan jenis sapi biru Belgia dari metodologi transfer embrio.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top