Berita Hoax

Beredar Kabar Gus Solah Dukung Prabowo-Sandi itu Hoax, Ini Faktanya

Foto : Screenshot Piah.com

PIAH.COM – Baru-baru ini tengah beredar kabar Pengasuh Pondok Pesantren Tebuireng KH Solahuddin Wahid (Gus Solah) mendukung salah satu paslon pada Pilpres 2019. Disebutkan bahwa Gus Solah mendukung paslon capres-cawapres nomor urut 02, Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Postingan tersebut diunggah oleh salah satu fanspage Facebook dengan nama Ulama NU dukung prabowo. Fanspage itu mengunggah sebuah poster yang menampilkan Gus Solah dengan tulisan ‘Coblos 02 Prabowo Sandi’.

“TAAT KOMANDO ULAMA
COBLOS 02 PRABOWO SANDI 
-INDONESIA ADIL MAKMUR-“ tulis fanspage tersebut pada gambar poster.

Posted by Ulama NU dukung prabowo on Sunday, 7 April 2019

 

Terakhir dipantau pada Minggu (14/04/2019) pukul 08.33 WIB, unggahan tersebut telah menuai 209 reaksi, 35 komentar, dan 1.522 kali dibagikan pengguna Facebook.

Lalu, bagaimana kebenaran informasi yang ditunjukan pada foto yang beredar tersebut? Setelah ditelusuri, ini bukan kali pertama Gus Solah diterpa isu seperti ini.

Situs resmi milik Nahdlatul Ulama yang beralamatkan nu.or.id membeberkan pernyataan terkait kabar yang beredar di sosial media tersebut. NU menegaskan bahwa Gus Solah bersikap netral pada Pilpres 2019 ini.

Bukan hanya NU, pernyataan ini juga disampaikan saat adik kandung Gus Dur.

“Saya kan sudah menyatakan netral. Saya tidak mendukung Pak Jokowi, saya juga tidak mendukung Pak Prabowo,” katanya.

Ditambahkan, para kiai dan tokoh yang tergabung dalam Jaringan Kiai dan Santri Nasional (JKSN) ataupun Barisan Kiai dan Santri Nahdliyin (BKSN), telah bertemu dan berdiskusi dengan mantan anggota Komnas HAM ini.

Kepada keduanya, Gus Sholah menyatakan tidak akan berdiri pada salah satu pihak, baik JKSN maupun BKSN.

“Sudah saya sampaikan kepada keduanya, saya harus netral,” ujarnya.

Bantahan juga datang dari asisten pribadi Gus Solah, Ustadz Amin Zein. Menurutnya, Gus Solah sudah beberapa kali menjelaskan sikap netralnya dalam Pilpres 2019.

Ia lalu meminta semua pihak yang berkepentingan dalam Pilpres 2019 untuk menghentikan menyalahgunakan nama Gus Solah, sebelum ada pernyataan resmi soal pilihannya.

“Stop menyalahgunakan nama beliau (Gus Solah) ya, Abah kan netral, tunggu saja,” tutupnya. (faj/piah)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top