Berita Hoax

Beredar Sebuah Informasi Bakso Kemasan Menggunakan Daging Tikus, Ini Penjelasannya

PIAH.COM – Kembali beredar sebuah informasi yang mengatakan adanya bakso dibuat dari sebuah daging tikus, hal itu kembali beredar di media sosial.

Dugaan bakso tikus tersebut mengarah kepada produk bakso yang sudah lama memproduksi bakso, yaitu Bakso Sumber Selera, sebuah bakso yang terproduksi sejak tahun 1989.

Beredar sebuah yang mengatakan, ditemukannya kaki tikus di dalam bakso kemasan yang mirip dengan produk “Bakso Sumber Selera” namun setelah diperhatikan secara detail, bakso tersebut memanglah mirip secara kemasan, namun berbeda.

Merk produk dalam bakso tersebut adalah “Selera Baru”, dengan warna cetakan merah yang sama percis dengan Bakso Sumber Selera, namun untuk bagian logo kepala sapi, memiliki posisi arah yang berbeda.

Informasi tersebut dikaitkan dengan foto seorang perempuan yang sedang duduk dan melakukan suatu hal terhadap tikus yang sudah mati.

Nyatanya setelah ditelusuri, foto tersebut adalah foto yang berasal dari negara Vietnam, pemiliknya adalah fotografer AP (Associated Press) Chitose Suzuki. Foto itu diambil pada 30 Januari 2008 di Dinh Bang Village, tak jauh dari Kota Hanoi, Vietnam.

Perempuan dalam foto yang mengolah daging tikus tersebut bernama Nguyen Thi Le. Saat dipotret, Thi Le sedang mengolah tikus hasil tangkapan suaminya dari ladang. Berdasar keterangan foto yang dibuat Chitose Suzuki, sudah berabad-abad masyarakat di Dinh Bang mengonsumsi daging tikus.

Tikus diolah untuk dikeringkan, direbus, atau digoreng. Tikus yang dimakan orang Dinh Bang juga bukan tikus yang ada di perkotaan. Apalagi tikus di instansi pemerintahan. Dikutip dari worldofbuzz.com, tikus yang dimakan orang di Vietnam, Kamboja, dan beberapa warga Thailand Bagian Utara merupakan tikus sawah, dan warga mempercayai bahwa banyak khasiat dari daging tikus sawah.

Kemasan Bakso Sumber Selera kepala sapi menghadap ke arah kanan.

( Produk Asli )

PRODUK SUMBER SELERA

Kemasan Bakso Selera Semua kepala sapi menghadap ke arah kiri.

( Produk Tiruan )

PRODUK TIRUAN SELERA BARU

Setelah ditelusuri, Bakso Sumber Selera merupakan produk bakso yang sudah resmi terdaftar dan memiliki badan yang berdiri sejak tahun 1989.

WEBSITE RESMI DARI SUMBER SELERA

Sedangkan untuk Bakso Selera Semua merupakan produk hasil UKM yang diproduksi di kampung – kampung, dan bisa bilang sebagai baksi tiruan ( Imitasi ), yang dijual dengan harga jauh lebih murah dari Bakso Sumber Selera, tiruannya.

PRODUK UKM SELERA BARU

Mengenai Bakso Selera Semua mengandung daging tikus, atas beredarnya video yang menyebutkan ditemukannya sebuah kaki yang diduga kaki tikus dalam daging bakso, hal itu masih belum bisa di pastikan karena belum mendapatkan konfirmasi, ( fik/piah ).

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top