Edukasi

Berikut Cara Mendaftar PPDB 2019 DKI Jakarta Jalur Prestasi

Foto : Istimewa

PIAH.COM – Pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru ( PPDB) 2019 Provinsi DKI Jakarta untuk jalur prestasi jenjang SMP dan SMA resmi dibuka hari ini (17/6/2019) mulai pukul 08.00 WIB hingga pukul 16.00 WIB. Proses pendaftaran dan verifikasi berkas ini langsung diberlakukan di sekolah tujuan dan akan berlangsung sampai 19 Juni 2019 pukul 14.00 WIB.

Dinas Pendidikan Pemerintahan DKI Jakarta mengkhususkan 5% kuota bagi tiap sekolah untuk diberikan kepada siswa berprestasi. Dari jumlah tersebut, sekolah diwajibkan menyediakan kuota maksimal 20% untuk kejuaran yang diselenggarakan secara berjenjang oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan atau Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta.

Sedangkan, 80 persen untuk kejuaran diselenggarakan secara berjenjang oleh instansi pemerintahan atau Induk Organisasi Cabang Olahraga/Seni/ Budaya/Pramuka.

Berdasarkan laman resmi PPDB DKI Jakarta, berikut cara mendaftar dan memilih sekolah tujuan dalam pendaftaran PPDB 2019 melalui jalur prestasi:

Tata cara pendaftaran:

1. Calon Peserta Didik Baru wajib menyerahkan berkas ke sekolah tujuan berupa surat keterangan prestasi sekolah asal, fotokopi sertifikat kejuaraan/lomba, dan memperlihatkan sertifikat aslinya, disertai biodata, fotokopi Rapor (untuk SD/MI: Kelas IV, V dan VI semester 1, untuk SMP/MTs: Kelas VII, VIII, dan IX semester 1), Kartu Keluarga dan Kartu Tanda Peserta UN;
2. Berkas persyaratan PPDB tersebut diverifikasi dan diinput ke dalam sistem oleh panitia di sekolah tujuan.
3. Setelah diverifikasi dan diinput sebagaimana oleh panitia di sekolah tujuan, calon siswa mendapatkan bukti verifikasi dari panitia di sekolah.

Cara memilih sekolah tujuan
1. Calon Peserta Didik Baru hanya dapat memilih:
– 1(satu) sekolah tujuan untuk jenjang SMP
– 1 (satu) peminatan/kompetensi keahlian untuk jenjang SMA/SMK atau
– 1 (satu) Sekolah Rujukan Olahraga.

2. Sekolah Rujukan Olahraga merupakan sekolah negeri yang ditetapkan Kepala Dinas Pendidikan sebagai sekolah yang mengembangkan cabang olahraga tertentu.

3. Jika Calon Peserta Didik Baru tidak diterima di sekolah tujuan maka Calon Peserta Didik Baru dapat mendaftar di sekolah lain selama masih tersedia kuota.(faj/piah)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top