News

Beruang Inuka Mati, Negara Singapura Berduka

beruang inuka, foto sumber : int

PIAH.COM – Ada sebuah kabar duka yang kembali terdengar untuk di dunia satwa, kali ini negara Singapura berduka, seekor Beruang kutub kesayangan Kebun Binatang Singapura yang bernama Inuka mati di usia 27 tahun. Inuka merupakan sebuah beruang kutub pertama yang lahir dan dibesarkan di negara tropis seperti Singapura.

Image result for beruang inuka

Rabu 25/04/2018, Inuka terpaksa disuntik mati setelah lima tahun menderita berbagai masalah kesehatan akibat usianya yang tergolong sudah tua. Dilaporkan Inuka menderita berbagai penyakit, mulai dari arthritis atau perdagangan sendi hingga sakit gigi dan infeksi telinga.

Image result for beruang inuka

Pada hari-hari terakhirnya, warna hijau yang berasal dari algae tampak menyelimuti bulu putih di punggung beruang kutub jantan ini. Dengan berat hati, Inuka terpaksa disuntik pada pada Rabu 25/04/2018 ini.

Image result for beruang inuka

“Seberapa besar kita ingin menjaga Inuka tetap hidup bersama kita selama mungkin, tanggung jawab utama kita adalah kesejahteraannya,” tutur Cheng Wen-Haur, pejabat Singapore Wildlife Reserves, pengelola Kebun Binatang Singapura.

“Kebaikan terbesar adalah membebaskannya dari penderitaan berkepanjangan,” imbuh Cheng.

Seruan agar Inuka dilepasliarkan ke habitat aslinya bermunculan setelah pengelola kebun binatang mengumumkan bahwa Inuka telah jatuh sakit. Usia 27 tahun pada beruang kutub setara dengan usia 70 tahun pada manusia.

“Tolong biarkan dia meninggal secara wajar,” ucap Vanessa S Wee, salah satu dari lebih 100 pengguna media sosial yang mengutarakan permohonan itu pada halaman Facebook pengelola Kebun Binatang Singapura.

“Dia (Inuka-red) satu-satunya beruang kutub tropis, warga Singapura yang loyal, satu-satunya ikon,” imbuh pengguna Facebook lainnya, Anita Ryanto.

Sama seperti sebelumnya sebuah Badak Sudan mati dan menimbulkan duka di seluruh dunia, karena hewan merupakan sebuah mahluk hidup yang juga memiliki sebuah perasaan dan sama halnya dengan manusia, jika mati maka akan meninggalkan sebuah kenangan, ( fik/piah ).

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top