MITOS

Bikin Gemuk dan Jerawatan? Berikut 7 Mitos Tentang Pil KB

Foto : Istimewa

PIAH.COM – Pil Keluarga Berencana (Pil KB) merupakan salah satu metode kontrasepsi yang mudah digunakan guna mencegah kehamilan.

Namun, sebagian wanita ragu menggunakan pil ini karena beredarnya mitos-mitos mengonsumsi pil KB, yang katanya bisa sebabkan kegemukan, wajah berjerawat, hingga sulit memiliki keturunan. Berikut mitos dan faktanya :

 

1. Pil KB Mengganggu Kesuburan

Faktanya Kesuburan akan langsung kembali begitu konsumsi pil KB dihentikan. Perempuan bisa langsung mengalami ovulasi dalam hitungan hari hingga minggu setelah berhenti minum pil KB.

 

2. Minum pil KB segera setelah berhubungan bisa bantu cegah kehamilan

Faktanya Pil yang bisa digunakan untuk mencegah kehamilan pasca hubungan intim adalah pil kontrasepsi darurat, bukan pil KB reguler.

 

3. Pil KB langsung bekerja efektif segera setelah dikonsumsi

Faktanya, dokter akan meminta Anda menggunakan kondom kala berhubungan, hingga 7 hari setelah mulai mengonsumsi pil KB.

 

4. Pil KB membuat rahim kering

Faktanya, berkurangnya darah mentrsuasi sejak minum pil KB bukanlah akibat dari kondisi rahim kering, melainkan karena perubahan ketebalan dinding rahim setelah mengonsumsi hormon progesteron. Bila konsumsi pil KB dihentikan dan siklus menstruasi normal kembali, kesuburan dan kondisi rahim akan pulih seperti semula.

Lantas, mitos pil KB apalagi yang beredar di masyarakat, tapi nyatanya tidak benar?

Setelah diuraikan 3 mitos pil KB yang ternyata tidak benar, berikut mitos lain dari pil KB yang juga masih banyak beredar di masyarakat, dan ternyata tidak benar atau keliru.

 

5. Pil KB Bikin Gemuk dan Jerawatan

Faktanya pil KB kombinasi sekarang mengandung estrogen dosis rendah yang bisa mencegah penumpukan cairan sehingga berat badan tetap stabil. Kandungan estrogen dan progesteron juga bisa menekan kadar hormon androgen dalam tubuh sehingga produksi minyak menurun dan kulit lebih halus.

Penelitian yang dilakukan sebuah produsen obat terkemuka menunjukkan, sekitar 34 persen perempuan yang menggunakan pil KB dengan drospirenone (DRSP) justru mengaku mengalami penurunan berat badan setelah setahun menggunakan pil KB yang tidak bikin gemuk tersebut. Merk pil KB yang bisa menurunkan berat badan dijual bebas adalah Yaz, yang mengandung drospirenone dan ethynilestradiol.

 

6. Pil KB Bisa Menyebabkan Pendarahan apabila Tidak Cocok

Faktanya keluarnya bercak (spotting), sakit kepla, mual, dan payudara terasa lunak, merupakan efek samping yang tidak selalu dialami pemakai pil KB. Keluhan biasanya reda dalam hitungan hari.

Ternyata banyak mitos yang berkembang soal Pil KB di luar sana yang salah alias tidak sesuai fakta.

 

7. Jika memakai pil KB, harus ada ‘masa istirahat’ setiap beberapa bulan meskipun tidak berencana untuk hamil

Faktanya studi menyatakan bahwa konsumsi pil KB aman digunakan untuk jangka panjang. Penghentian pemakaian alat kontrasepsi apapun termasuk pil KB, bisa langsung membuka peluang terjadinya kehamilan. (faj/piah)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top