Tips & Trik

Boleh Dicoba Jika Terlambat Bangun, Ini 4 Menu Sahur Kilat yang Sehat dan Bergizi

Foto: Istimewa

PIAH.COM – Saat bulan Ramadan, pasti kita pernah mengalami terlambat bangun sahur. Kalau sudah begini, bisa-bisa kita tidak makan sahur.

Padahal, makan sahur itu sangat penting, lo. Selain membantu kelancaran puasa, makan sahur juga memberi kekuatan untuk tubuh selama berpuasa.

Nah berikut ini, ada 4 menu makan sahur kilat jika kita mengalami terlambat bangun.

1. Roti gandum dengan telur

Namanya terlambat sahur, pasti kita membutuhkan waktu yang singkat untuk menyiapkan makan sahur. Nah, menu roti gandum dengan telur bisa menjadi pilihan menu singkat saat sahur.

Satu tangkap roti gandum ditambah dengan telur (telur dadar, telur ceplok, atau telur orak arik alias screambled egg). Roti gandum mengandung karbohidrat kompleks yang dapat membantu kita untuk lebih lama merasa lapar.

Karbohidrat kompleks ini membantu tubuh melepaskan energi lebih lama. Dengan begitu, tubuh tidak cepat lemas. Selain bergizi, menu sahur roti gandum dengan telur tidak membutuhkan waktu lama untuk membuatnya.

2. Susu dengan sereal

Menu sahur cepat selanjutnya adalah sereal dengan susu. Walaupun kelihatannya sangat sederhana, menu makanan yang satu ini mengandung gizi yang cukup lengkap.

Sereal merupakan karbohidrat kompleks yang membantu perutmu tidak cepat kosong, karena gizi dicerna dan diserap lebih lama. Sehingga kamu bisa merasa kenyang lebih lama.

Penambahan susu, mengandung banyak protein. Sehingga menu sereal dengan susu membuat menu sahurmu penuh gizi.

3. Oatmeal dengan buah-buahan dan susu

Selain roti gandum dan sereal, oat juga merupakan salah satu karbohidrat kompleks. Dengan menambahkan buah-buahan dan susu membuat oat jauh lebih enak.

Buah-buahan juga mengandung karbohidrat yang baik bagi tubuh. Nah, karbohidrat ini mampu menyediakan banyak energi bagi tubuh untuk melakukan aktivitas selama puasa.

Selain mengandung karbohidrat, tentunya buah-buahan juga mengandung vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Ditambah dengan susu yang mengandung protein, membuat menu sahur ini semakin kaya gizi.

4. Buah-buahan dengan yogurt

Menu kilat selanjutnya adalah buah-buahan dengan yogurt. Pilihlah buah-buahan yang kaya serat, seperti apel, pisang, atau jenis beri dan buah berserat lainnya.

Serat dalam buah-buahan ini membuat kita tidak cepat lapar saat menjalani puasa. Karena serat lebih lama dicerna dalam perut sehingga perut tidak cepat kosong.

Selain mengandung karbohidrat, buah-buahan juga mengandung vitamin dan mineral yang sangat berguna bagi tubuh.

O iya, yogurt di sini berfungsi sebagai sumber protein supaya lebih bergizi. Kalau mau sedikit krispi, teman-teman bisa menambahkan sereal atau granola.

Empat menu itu, bisa membantu teman-teman jika mengalami terlambat bangun sahur. Supaya tidak terlambat bangun sahur, sebaiknya tidur lebih awal dan jangan lupa nyalakan alarm, ya!

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top