News

BPN Menolak Hasil Pemilu Sebelum Diputuskan KPU, Forum Masyarakat: Aneh!

Foto : Istimewa

PIAH.COM – Sikap Tim Badan Nasional Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto – Sandiaga Uno yang menolak hasil resmi pemilu 2019 dari KPU RI dinilai aneh melihat pengumuman resmi saja belum muncul.

Pernyataan tersebut dikatakan oleh Peneliti Forum Masyarakat Peduli Parlemen Indonesia (Formappi) Lucius Karus, ia mengatakan bahwa penolakan itu muncul bahkan ketika hasilnya saja belum diumumkan secara resmi oleh KPU RI.

Menurut Lucius, penolakan yang disampaikan BPN tersebut sesungguhnya bukan sebuah keputusan yang obyektif, tidak jujur dan adil sebagaimana prinsip pemilu yang dilaksanakan di Indonesia.

“Keputusan yang obyektif tentu harus dibuat atas dasar data dan fakta yang sahih. Yang ditunjukkan oleh BPN justru membuat sebuah keputusan dengan fakta dan data mereka sendiri,” ungkapnya di Jakarta, Rabu (15/5/19).

Padahal, Lucius mengatakan, KPU merupakan institusi resmi yang diatur melalui Undang-Undang Dasar (UUD) untuk menyelenggarakan sebuah pemilu.

“Penolakan atas hasil kerja mereka (KPU) selalu mungkin untuk dilakukan setelah mereka selesai menyampaikan hasilnya,” ujarnya.

Oleh karena dilindungi oleh UUD, Lucius menegaskan, maka kerja mereka harus dihargai hingga akhir.

“Kalau belum apa-apa sudah menghakimi kerja KPU, maka sesungguhnya itu bukan sebuah sikap yang fair. Dan pernyataan menolak itu jelas muncul dari bayang-bayang ketakutan akan kekalahan saja,” katanya. (faj/piah)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top