News

BPN Prabowo-Sandi Klaim Temukan Ribuan Pelanggaran di Pilpres 2019, KPU: Lapor ke Bawaslu

Foto : Istimewa

PIAH.COM – Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno mengklaim menemukan ribuan pelanggaran dalam proses penyelenggaraan Pilpres 2019. Terkait klaim tersebut, BPN diminta melapor ke Bawaslu RI.

Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Wahyu Setiawan, mengungkapkan bahwa pihaknya sangat terbuka terhadap partisipasi warga terkait temuan-temuan pelanggaran di Pemilu Serentak 2019, khususnya Pilpres.

“Kami persilakan apabila ada temuan-temuan terkait pelanggaran pemilu, dipersilakan dilaporkan ke Bawaslu,” ungkap Wahyu, Minggu (21/4/2019).

Wahyu mengingatkan bahwa penyelidikan pelanggaran pemilu berada di bawah kewenangan Bawaslu. Namun, menurut Wahyu, nantinya Bawaslu juga akan tetap berkoordinasi dengan KPU untuk sama-sama mengkaji laporan yang masuk dan diterima.

“Nanti Bawaslu tentu akan berkoordinasi dengan KPU untuk menyelesaikan hal tersebut. Nanti laporan-laporan itu akan dikaji Bawaslu,” ujarnya.

Seperti diketahui, sebelumnya Direktur Media dan Komunikasi BPN, Hashim Djojohadikusumo mengaku telah mencatat ribuan pelanggaran-pelanggaran yang terjadi di TPS. Laporan itu dikumpulkan dari seluruh wilayah Indonesia.

“Data yang sudah masuk mengenai kecurangan ada sejumlah 1.200 kasus di TPS yang mencerminkan atau indikasi kecurangan,” kata Hashim, Sabtu (20/4/2019). (faj/piah)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top