News

Bukan Main, Kereta Cepat Jakarta-Bandung Hanya 46 Menit

Foto : Istimewa

PIAH.COM – Tahun 2021 telang digadang-gadangkan rampungnya proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung(KCJB). Kehadiran KCJB tersebut bakal mempersingkat waktu tempuh antara kedua kota besar di pulau jawa. KCJB bakal menggunakan tipe kereta terbaru CR400AF yang merupakan hasil pengembangan tipe CRH380A oleh CRRC Qingdao Sifang.

Dan tipe tersebut memiliki kecepatan desain hingga 420km/jam dan kecepatan operasional 350 km/jam. Tipe CR400AF akan menempuh waktu tempuh hanya 36 menit untuk jarak 142,3 km Jakarta – Bandung bila langsung tanpa berhenti.

Namun sesuai trase KCJB, terdapat empat stasiun pemberhentian dari Jakarta menuju Bandung. Dimulai dari Stasiun Halim, Karawang, Walini, dan Tegalluar, Bandung.

Jika ditambah waktu singgah pada empat stasiun tersebut, maka waktu tempuh Jakarta-Bandung menjadi 46 menit.

“Meskipun kecepatan tinggi, dari sisi kenyamanan CR400AF memiliki cabin noise yang lebih rendah sehingga mampu meredam getaran dan suara di dalam kereta dengan lebih optimal,” ucap General Manager Material/Equipment PT KCIC Jarot Ari Wibowo melalui keterangan resminya, Senin (17/6/2019).

CR400AF memang didesain untuk beroperasi di empat iklim, salah satunya di iklim tropis dengan kondisi suhu dan kelembaban tinggi sehingga cocok di negara seperti Indonesia. CR400AF telah dipastikan mampu menghadapi kondisi geografis lintasan Jakarta – Bandung yang cenderung menanjak

“Dengan besar daya setiap rangkaian mencapai 9750 kW, CR400AF mampu memberikan akselerasi yang lebih baik saat melewati trase pada elevasi 30 per mil,” tegasnya. (faj/piah)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top