MITOS

Bukan Mitos! Mau Awet Muda? Yuk Konsumsi Cokelat, Kopi dan Teh

Foto : Istimewa

PIAH.COM – Sebuah penelitian yang dipimpin Prof. Dr. Ivana Ivanovi-Burmazovi dari Ketua Bioinorganic Chemistry di Friedrich-Alexander-Universität Erlangen-Nürnberg (FAU), bersama dengan peneliti dari Amerika Serikat menyatakan jika kandungan seng pada beberapa makanan mampu membuat tubuh lebih sehat.

Seng adalah mineral yang dibutuhkan tubuh untuk tetap sehat. Peneliti FAU bekerja sama dengan Prof Dr Christian Goldsmith dari Auburn University, Alabama, AS menemukan bahwa seng dapat melindungi terhadap superoksida yang bertanggung jawab atas stres oksidatif.

Ia menyebutkan seng dapat mengaktifkan molekul organik yang membantu melindungi tubuh terhadap stres oksidatif. Kandungan seng sendiri terdapat pada makanan maupun minuman seperti anggur, cokelat, kopi dan teh.

Stres oksidatif adalah pemicu penuaan dini pada tubuh seseorang. Semakin tinggi kadar stres oksidatif ini maka seseorang akan lebih beresiko terpapar berbagai penyakit.  Komponen seng ini diperoleh dari makanan seperti anggur, kopi, teh dan cokelat.

Kandungan seng ini adalah gugus hidrokuinon yang ditemukan di polifenol, dengan kata lain zat tanaman yang membentuk bau dan rasa. Nutrisi ini mampu diolah tubuh menjadi superoksida yang berperan melawan proses penuaan dan sejumlah penyakit seperti peradangan, kanker atau penyakit neurodegeneratif.

Beberapa orang mengasup suplemen sebagai modal untuk menambah seng dalam tubuh, namun jika dikonsumsi berlebihan maka akan menyebabkan dampak buruk. Sebagai alternatif, para peneliti menyarankan untuk lebih banyak mengonsumsi makanan yang tinggi seng.

“Sangat mungkin kalau anggur, kopi, teh, atau cokelat akan dijadikan makanan penambah seng di masa depan. Saat mengasup makanan ini, tidak boleh dibarengi dengan konsumsi alkohol karena justru akan menghancurkan dampak positif makanan,” kata Ivana. (faj/piah)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
Right Menu Icon