Edukasi

Bukan Mitos Semata, Ini Fakta dan Manfaat Daun Pandan Bagi Kesehatan Tubuh

Foto: Istimewa

PIAH.COM – Pandan dengan nama latin Pandanus amaryllifolius Roxb merupakan salah satu tanaman yang masuk keluarga Pandanaceae. Tanaman ini akan mudah ditemukan di kawasan rawa-rawa atau beberapa tempat lembap dan teduh. Tapi, karena manfaat daun pandan yang cukup besar untuk manusia, maka tanaman ini sekarang mulai dibudidayakan bahkan juga ditanam pada pekarangan rumah.

Selain sebagai pewarna alami, daun pandan juga dimanfaatkan untuk obat tradisional beberapa penyakit. Bahkan tak jarang ada juga yang memanfaatkannya untuk merawat rambut. Khasiat daun pandan tersebut dipicu karena beberapa kandungan seperti saponin, polifeno, alkaloida, tanin dan zat warna.

Daun pandan memang sudah lama dijadikan bahan dasar untuk pengobatan herbal dalam mengatasi berbagai macam penyakit. Berikut adalah beberapa resep obat herbal yang bisa dibuat menggunakan daun pandan wangi.

Manfaat Daun Pandan Dalam Mengatasi Berbagai Penyakit

1. Obat Rematik

Manfaat daun padan sebagai obat yang pertama adalah obat sakit rematik. Rematik merupakan sebuah penyakit umum sering diderita oleh orang yang sudah lanjut usia. Tahukah Anda, orang-orang pada zaman dulu akan mengatasi sakit rematik menggunakan daun pandan dengan resep di bawah ini.

– Siapkan 3 lembar daun yang masih segar
– Cucu hingga bersih
– Potong jadi beberapa bagian
– Seduh daun pandan
– Tambahkan minyak kelapa yang sudah mendidih
– Aduk hingga merata
– Sajikan sebagai obat

Ketika ramuan daun pandan sudah selesai dibuat, maka tunggulah sebentar hingga dingin. kemudian Anda bisa menggunakannya sebagai obat gosok, urut dan pijat pada bagian tubuh yang dirasa sakit.

2. Obat Pegal Linu

Manfaat daun pandan kali ini sangat cocok bagi Anda yang tergolong pekerja keras dan sering mengalami pegal pada badan. Caranya juga mudah, siakan daun pandan sebanyak 5 lembah dan daun serai 20 lembar. Cuci bersih kedua bahan dan tumbuk hingga halus.

Setelah halus tambahkan minyak kayu putih dan minyak ganda pura masing-masing sebanyak 1 sendok makan. Aduk hingga merata dan gunakan untuk menggosok dan mengurut beberapa bagian tubuh yang sering mengalami sakit pegal linu.

3. Obat Saraf

Ternyata rebusan daun pandan memiliki fungsi sebagai obat saraf. Anda bisa mengobati beberapa masalah saraf meminum ramuan tersebut secara rutin 2 kali dalam sehari pada pagi dan sore hari.

Anda bisa menyiapkan 3 lembar daun pandan wangi untuk membuat ramuan, selanjutnya cuci hingga bersih dan potong menjadi beberapa bagian kecil. Rebus 3 daun pandan tadi dengan 3 gelas air hingga mendidih dan tersisa 2 gelas air saja.

4. Obat Gelisah

Manfaat daun padan wangi kali ini cocok bagi Anda yang sering mengalami masalah secara emosional. Saat Anda merasa gelisah yang tak beraturan, segera ambil daun pandan sebanyak 2 lembar kemudian cuci hingga bersih dan seduh dengan secangkir air. Minumlah ramuan ini setelah disaring 2 hingga 3 kali dalam sehari sampai Anda kembali merasa tenang.

5. Obat Darah Tinggi

Bagi Anda yang menderita darah tinggi atau hipertensi, daun pada juga bisa dimanfaatkan untuk mengatasinya. Sama dengan beberapa cara di atas, daun pandan wangi direbus pada 3 gelas air sampai air tersisa 2 gelas saja. Minum secara rutin rebusan yang sudah disaring 2 kali dalam sehari di pagi dan sore hari.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
Right Menu Icon