MITOS

Bulu Mata Jatuh Pertanda Ada Orang Kangen Sama Anda? Itu Mitos, Ini Faktanya!

PIAH.COM – Bulu mata atau yang bisa disebut dengan rambut mata merupakan kumpulan helaian rambut yang melindungi mata. Perlindungan yang diberikan oleh bulu mata adalah untuk mencegah masuknya keringat, debu, serta air yang hendak masuk ke dalam mata.

Selain bermanfaat untuk perlindungan mata, bulu mata juga bermanfaat sebagai penambah nilai kecantikan atau ke elokan manusia. Sehingga penting untuk menjada bulu mata agar tetap sehat. Tetapi terkadang bulu mata dapat rontok atau jatuh tiap helainya.

Beberapa orang menganggap bahwa jatuhnya bulu mata memiliki kaitan dengan adanya seseorang yang kangen terhadap orang yang bulu matanya jatuh. Kepercayaan ini bisa dibilang sebagai mitos karena tidak ada pembuktian ilmiahnya.

Mitos ini mengatakan bahwa jika bulu mata jatuh pada pipi sebelah kanan, maka orang yang sedang kangen adalah orang dengan paras elok baik laki-laki maupun perempuan. Berbeda jika bulu mata jatuh pada pipi sebelah kiri, maka orang yang sedang kangen adalah orang yang berparas kurang elok.

Fakta ilmiah yang yang menyebabkan jatuhnya bulu mata memiliki beberapa faktor. Faktor-faktor jatuhnya bulu mata bisa berasal dari dalam diri manusia maupun faktor luar dari manusia. Berikut ini beberapa faktor yang mengakibatkan bulu mata jatuh :

Faktor dalam manusia :

  • Asupan gizi yang buruk (Kurangnya vitamin E dan protein)
  • Perubahan hormonal (stres, tertekan, depresi)
  • Memiliki penyakit tertentu (Radang kelopak mata, Autoimun, Tumor)
  • Keturunan
  • Faktor usia

Faktor luar manusia :

  • Alergi terhadap make-up tertentu
  • Ekstensi bulu mata yang berlebihan sehingga mengakibatkan folikel bulu mata rusak
  • Pengaruh kemoterapi
  • Terlalu sering mengucek mata

Cara Mengatasi Bulu Mata Jatuh

Jika bulu mata jatuh terus menerus hingga bisa dikatakan rontok maka beberapa cara ini bisa mencegah atau bahkan mengobati jatuhnya bulu mata. Beberapa cara yang dapat mencegah jatuhnya bulu mata bahkan dapat menebalkan bulu mata adalah sebagai berikut :

Gunakan bahan alami

  • Minyak Zaitun

Minyak ini sudah banyak dikenal dengan berbagai macam penggunaannya, mulai dari digunakan sebagai bahan makanan hingga sebagai bahan kecantikan. Kandungan vitamin E yang ada dalam minyak zaitun menjadikan minyak ini bermaanfaat bagi kesehatan maupun kecantikan. Sama dengan penggunaan masker wajah, menumbuhkan bulu mata dengan minyak zaitun ini cukup dioleskan pada bulu mata.

  • Air Kelapa

Manfaat dari air kelapa sangat banyak sekali, salah satu manfaat yang paling terkenal adalah sebagai penangkal racun. Manfaat lain dari air kelapa adalah menggantikan ion tubuh serta mencegah kanker dan penuaan. Pencegahan yang dilakukan oleh air kelapa ini diakibatkan adanya kandungan cytokinin, khlor, kadar kalium, dan klorin yang tinggi. Selain mencegah penuaan, dari segi kecantikan air kelapa dapat menghilangkan jerawat serta memanjangkan rambut, salah satu rambut mata atau bulu mata.

  • Lidah Buaya

Sudah tidak asing lagi manafaat lidah buaya untuk perawatan rambut. Tanaman lidah buaya ini memiliki berbagai kandungan yang sangat bermanfaat untuk rambut. Kandungan dari lidah buaya ini adalah karbohidrat, kalori, lemak, protein, vitamin A, vitamin C, thiamin, kalsium, zat besi dan lain-lain. Penggunaan lidah buaya ini bisa dilakukan dengan memanfaatkan lendir dari akar lidah buaya untuk dioleskan pada rambut mata, tapi diharapkan harus berhati-hati dalam mengoleskannya.

  • Kemiri

Kemiri adalah salah satu bumbu dapur yang memiliki kandungan minyak didalamnya. Beberapa kandungan kemiri yang baik untuk manusia adalah protein, karbohidrat, kalsium, fosfor, zat besi, kalsium, Vitamin A, B1, dan C. Sedangkan jika ingin dimanfaatkan untuk merawat atau menumbuhkan rambut, minyak kemiri lah yang dimanfaatkan. Pemanfaatan bisa dilakukan dengan mengekstrak sendiri minyak kemiri dengan menumbuk kemiri atau membeli minyak kemiri yang dijual dipasaran.

  • Teh Hijau

Teh hijau terkenal dengan kandungan antioksidan dan kasinogenik. Selain itu, teh hijau juga mengandung kafein yang lebih rendah dari kopi sehingga dapat menggatikan kopi. Teh hijau juga dapat mengurangi resiko penyakit jantung dan tumbuhnya kanker. Pemanfaatan teh hijau dalam merawat dan menumbuhkan rambut, terutama bulu mata, adalah dengan menyeduh teh hijau lalu mencelupkan kapas pada tek tersebut kemudian kapas di tempel-tempelkan pada bulu mata.

  • Daun Sirih

Daun sirih yang memiliki kandungan enil propana, minyak atsiri, estragol, kavibetol, caryophyllene, cadinene, tanin, hidroksikavicol, kavicol, allylpyrokatekol, cyneole, diastase, pati dan lain-lain. Dengan berbagai kandungan tersebut, daun sirih dapat dimanfaatkan untuk mengobati asma serta air rebusannya dapat membersihkan mata. Daun sirih juga bisa dimanfaatkan untuk menumbuhkan bulu mata dengan dukungan dari gel lidah buaya. Pemanfaatan daun sirih untuk menumbuhkan bulu mata ini bisa menggunakan tangakainya maupun daunnya.

Menjaga bulu mata agar tetap bersih

Pentingnya kebersihan sangat berpengaruh terhadap kesehatan. Salah satunya kebersihan bulu mata harus dijaga agar terhindar dari infeksi atau alergi hingga menimbulkan kerontokkan.

Gunakan obat penumbuh bulu mata

Jika bulu mata terlalu banyak mengalami kerontokkan, sebaiknya menggunakan obat penumbuh bulu mata yang telah dikondultasikan pada dokter.

Selektif dalam memilih make-up

Minat dalam meng-ekstensi bulu mata ini makin berkembang bagi para wanita yang ingin terlihat lebih cantik. Tetapi sebaiknya harus bijak dalam melakukan ekstensi ini agar tidak menimbulkan hal yang lebih bahaya bagi kesehatan bulu mata. Selain itu faktor make-up yang tidak terjamin keamanannya seharusnya tidak digunakan.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top