MITOS

Buto Ijo Benar Ada Atau Tidak ?

PIAH.COM – Buto ijo merupakan mahluk berwujud seram bertubuh besar, memiliki kulit yang berwarna hijau, dimana sering dikaitkan dengan mahluk gaib, atau iblis yang jahat, biasa bersemayam di dalam hutan, tentunya mahluk ini sering menjadi mitos yang dikaitkan dengan beberapa hal.

Misteri tentang asal usul legenda Buto Ijo memang selalu menarik untuk diperbincangkan, karena meskipun makhluk tersebut bagi sebagian orang dianggap benar-benar ada, sampai saat ini belum ada yang bisa membuktikan keberadaannya.

Menurut beberapa sumber, Buto Ijo sebenarnya hanyalah sebuah makhluk khayalan yang dibuat-buat oleh orang tua zaman dulu untuk menakuti anaknya yang tidak mau tidur saat sudah larut malam. Karena menurut para orang tua saat itu, Buto Ijo tidak akan segan-segan untuk menculik anak yang belum tidur saat malam sudah larut.

Buto Ijo digambarkan sebagai sosok bertubuh tinggi besar berwarna hijau dengan gigi taring yang panjang. Dan kehadirannya selalu disertai dengan aroma busuk yang sangat menyengat.

Sementara dalam sejumlah cerita rakyat, Buto Ijo seringkali dianggap sebagai makhluk yang menyebabkan fenomena gerhana bulan. Saat gerhana bulan terjadi, diyakini makhluk itu sedang menelannya sedikit demi sedikit hingga habis.

Karena itu pula biasanya para orang tua zaman dulu selalu menjaga anak bayinya yang masih kecil saat gerhana bulan – meskipun sebenarnya kita tahu bahwa gerhana bulan merupakan sebuah fenomena alam biasa yang terjadi karena bulan tertutup oleh bayangan Bumi.

Kini seiring berkembangnya ilmu pengetahuan, cerita rakyat tentang Buto Ijo sudah tidak lagi dipercaya oleh banyak orang. Namun sosok makhluk tinggi besar itu hingga saat ini masih kerap muncul dalam kesenian dan kebudayaan.

Seperti contohnya dalam budaya Ogoh-ogoh di Bali, para masyarakat masih kerap memunculkan sosok Buto Ijo dalam bentuk patung untuk diarak berkeliling kawasan tempat tinggal mereka.

Namun disatu sisi sosok Buto Ijo masih dikaitkan dengan hal gaib seperti sosok mahluk gaib, dimana tidaklah bisa dipastikan secara jelas, karena mahluk halus bisa saja menyerupai sosok Buto Ijo tersebut, tergantung dari mindset orang masing – masing, ( fik/piah ).

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top