News

Capres-Cawapres 2019 Ditantang Untuk Tes Baca Al-Quran, Berani?

Foto : Istimewa

PIAH.COM – Dewan Ikatan Dai Aceh mengusulkan untuk mengadakan tes baca Alquran bagi kedua pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres).

Ketua Dewan Pimpinan Ikatan Dai Aceh Tgk Marsyuddin Ishak mengatakan tujuan dari tes ini untuk mengakhiri polemik soal keislaman kedua capres-cawapres.

“Untuk mengakhiri polemik keislaman capres dan cawapres, kami mengusulkan tes baca Alquran terhadap kedua pasangan calon,” kata Marsyuddin di Banda Aceh, Sabtu (29/12/2018).

Dia mengatakan, hasil dari tes membaca Alquran ini tidak akan mempengaruhi keputusan KPU/KIP. Yang jelas dengan cara ini adalah langkah awal untuk mengakhiri politik identitas yang sudah larut panas dibicarakan masyarakat.

“Kami ingin menguji baca Alquran bagi setiap pasangan calon. Ini kita mulai dari Aceh,” ujarnya.

Marsyuddin mengungkapkan sebagai organisasi yang berfokus pada pengembangan dakwah dan syiar Islam, pihaknya ingin turut berperan dalam pesta demokrasi pemilihan presiden dan wakil presiden periode 2019-2024.

“Kami akan mengundang kedua pasangan calon untuk mengikuti uji mampu membaca Alquran. Tes membaca Alquran akan dilaksanakan di Masjid Raya Baiturrahman, Banda Aceh, pada 15 Januari 2019,” ujarnya.

Ormas lain, lanjutnya, di sejumlah daerah di Indonesia juga sudah lebih dulu mengusulkan uji membaca Alquran bagi capres dan cawapres.

Pilpres yang akan digelar pada 17 April 2019 diikuti dua pasangan calon, yakni pasangan calon nomor urut 01 Joko Widodo-Ma’ruf Amin dan pasangan calon nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. (faj/piah)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top