Tekno

Dianggap Berbahaya, YouTube Akan Hentikan Fitur Rekomendasi Video Konspirasi

Foto: Istimewa

PIAH.COM – Video konspirasi mungkin bisa menjadi sebuah hiburan bagi sebagian orang yang senang berpikir tentang banyak hal. Namun, di sisi lain bisa menjadi berbahaya karena dapat menyebabkan obsesi berlebih dengan teori konspirasi yang mereka tonton.

Sebagai platform berbagi video paling populer saat ini, YouTube tentu tak luput dari konten semacam itu. Sayangnya, YouTube juga tidak bisa begitu saja melarang video-video tersebut beredar di platformnya karena bisa memperburuk keadaan dan memancing perdebatan.

Melansir Ubergizmo, Sabtu (26/1) berhenti merekomendasikan konten video bermuatan konspirasi menjadi satu-satunya cara yang bisa dilakukan oleh YouTube saat ini. YouTube resmi mengumumkan bahwa platformnya berhenti merekomendasikan video tersebut untuk kedepannya.

Kami akan mulai mengurangi rekomendasi konten-konten yang dapat memberi informasi salah kepada pengguna dengan cara yang berbahaya. Seperti video yang mempromosikan penyembuhan palsu untuk penyakit serius, mengklaim bumi datar, atau membuat klaim palsu tentang peristiwa bersejarah seperti 9/11.

YouTube juga mengatakan bahwa meski telah berhenti merekomendasikan video konspirasi, bukan berarti video tersebut tidak akan tersedia di platformnya. Selama pengguna mematuhi pedoman platform, mereka masih bisa mencari dan menonton video-video itu.

“Kami pikir perubahan ini memberikan keseimbangan antara mempertahankan platform untuk kebebasan berbicara dan memenuhi tanggung jawab kami kepada pengguna,” kata YouTube.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top