Disinformasi

[DISINFORMASI] Beredar Informasi Ada Bahan Kimia Berbahaya dari China Jika Dicampur Air Menjadi Air Susu Asli

Ilustrasi. Foto: Pusat Informasi Anti Hoax. Piah.com

PIAH.COM – Baru-baru ini beredar postingan di media sosial bahkan masuk ke dalam nomor pesan singkat kami Pusat Informasi Anti Hoax yang mempertanyakan kebenaran dari informasi tersebut. Di dalam informasi tersebut terdapat sebuah video yang disertai caption seperti dibawah ini:

Ada bahan kimia dari china yg telah di-impor secara ilegal jika bahan tsb dicampur dgn air akan berubah menjadi seperti susu skrng lagi beredar di-pasar dan dijual sbg susu. Bahan kimia ini bisa mengeluarkan aroma dan rasa susu karena itu kepada masyarakat semua harus *waspada dan hati-hati

Dalam video yang berdurasi kurang dari 1 menit ini, menampilkan seseorang yang sedang menuangkan cairan sesuatu yang diyakini itu bahan kimia yang berbahaya ke dalam gelas. Lalu cairan kimia tersebut dicampur oleh air biasa, kemudian orang itu mencampurkan air dan cairan kimia tersebut dengan cara menuangkan satu gelas ke gelas lainnya. Alhasil dari pencampuran air dan bahan kimia tadi menghasilkan cairan berwarna putih seperti susu.

Apakah benar bahan kimia berbahaya ini bila dicampur air akan berubah menjadi susu seperti narasi diatas tadi? Lalu cairan kimia apa itu sebenarnya?

Maka dari itu kami, Pusat Informasi Anti Hoax akan menjelaskan fakta-fakta dari informasi diatas yang kami duga adalah Disinformasi ini, lebih lanjut simak ulasannya sebagai berikut:

Fakta pertama, video ini pertama kali beredar sejak setahun yang lalu di youtube dengan judul “Il latte dall’olio motore” diunggah pada tanggal 30 Nov 2018 dan di facebook.

Kaçak olarak Çin’den getirilen kimyasal madde su ile karıştırıldığında, süt oluyor. Şu anda piyasada satılmakta, lezzetiaynı süt lezzeti. Süt satın alırken çok dikkat etmek lazım.

Posted by Allah belanı vermesin on Thursday, 1 November 2018

Fakta kedua, setelah kami menelusuri lebih dalam dari penemuan fakta pertama disimpulkan bahwa cairan bahan kimia yang di dalam video tersebut adalah minyak boron atau yang biasa kita kenal adalah minyak oli.

Minyak oli berfungsi sebagai bahan pelumas agar mesin berjalan dengan baik, panas stabil dan bebas gangguan. Sekaligus berfungsi sebagai pendingin dan penyekat. Oli mengandung lapisan-lapisan halus, berfungsi mencegah terjadinya benturan antar logam dengan logam komponen mesin seminimal mungkin, mencegah goresan atau keausan.

Fakta ketiga, oli apabila tercampur dengan air akan berubah warna menjadi susu seperti di dalam video diatas. oli mesin yang sudah berwarna susu sangat berbahaya buat mesin karena fungsi pelumasan berubah menjadi perusak komponen di dalam mesin. Biasanya oli yang berubah warna susu ini terjadi adanya kebocoran di radiator, yang berdampak oli bercampur dengan coollant.

Fakta keempat, apabila oli yang tercampur air dan berubah warna menjadi susu ini tidak mengandung aroma dan rasa seperti susu yang biasa kita konsumsi sehari-hari.

1 Comment

1 Comment

  1. Syafriaji

    April 23, 19 @10:46 am at 10:46 am

    Aroma bahan kimia tsb seperti diterjen (sabun), walau di oplos dgn susu aroma bahan kimia tsb masih tercium.
    Bahan kimia tsb sdh saya kenal sejak tahun 1992 saat masih jadi pelajar STM.
    Bahan kimia tsb digunakan sebagai pendingin benda kerja saat membubut, bor, skrapting dan atau pekerjaan dgn mesin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top