Sains

Fenomena Halo Tampak Jelas di langit Banda Aceh, BMKG Imbau Masyarakat Jangan Kaitkan Ini dengan Keadaan Tertentu

Foto: Istimewa

PIAH.COM – Fenomena halo atau terjadinya pembiasan optis berupa lingkaran cahaya di sekitar matahari terlihat jelas di langit-langit Kota Banda Aceh, Selasa (12/3/2019), sekira pukul 11.45 WIB siang tadi.

Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Stasiun Meteorologi Blangbintang, Zakaria Ahmad, mengatakan, lingkaran berwarna pelangi yang terlihat kurang lebih selama satu jam sebelum akhirnya ditutupi oleh awan kelabu tersebut merupakan fenomena biasa dan tidak ada sangkut pautnya dengan musim.

“Dalam ilmu meteorologi, lingkaran yang berwarna seperti pelangi dinamakan Halo atau disebut juga Icebow yang mana bisa terjadi di sekitar matahari atau juga bulan,” kata Zakaria kepada awak media.

Ia menjelaskan, halo terjadi karena adanya awan tinggi dan sangat dingin berupa kristal es, yaitu, yaitu awan sirus yang tumbuh tegak lurus dengan matahari.

Rata-rata awan sirus ini berada di ketinggian berkisar 5 -10 kilometer di lapisan atas atmosfer.

“Maksud tegak lurus adalah sudut pandangan (pengelihatan) kita. Ketika kita lihat tegak lurus atau hampir tegak lurus. Bukan tumbuh menjulang tinggi seperti awan CB,” jelas Zakaria.

Dengan adanya awan yang bersifat kristal es dan terjadi direfleksikan dan pembiasan dari permukaan es yang berbentuk batang atau prisma, maka sinar matahari menjadi terpecah menjadi beberapa warna seperti pelangi.

“Jadi itu bukan suatu hal yang aneh dan BMKG Aceh berharap kepada masyarakat untuk tidak mudah percaya apabila Halo ini dikait-kaitkan dengan keadaan tertentu,” paparnya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top