Sains

Fenomena Supermoon Akan Terjadi Malam Nanti, Sayang Indonesia Justru Tak Kebagian

Foto: Istimewa

PIAH.COM – Supermoon tahun ini akan terjadi pada 20 Januari 2019. Fenomena tersebut akan memperlihatkan ukuran bulan 14 persen lebih besar dan 30 persen lebih terang dibandingkan bulan purnama biasa. Bersamaan fenomena tersebut, juga akan terjadi super blood wolf moon, di mana warna bulan akan terlihat warna kemerahan.

Dilansir dari The Verge, Minggu (20/1), isitlah super blood wolf moon berasal dari suku asli di Amerika Utara yang merujuk pada kata wolf yang artinya serigala. Suku itu mengamati saat terjadi fenomena supermoon. Semua serigala akan melolong kelaparan di kawasan permukiman. Dari kejadian tersebut, fenomena tersebut ditambah dengan kata serigala.

Sayangnya, fenomena supermoon tidak akan terlihat di Indonesia. Pasalnya, wilayah Tanah Air telah memasuki waktu siang hari saat kejadian. Fenomena ini akan terlihat di benua Amerika (Amerika Utara dan Amerika Selatan) dan sebagian di Eropa dan Afrika yang kala gerhana terjadi masih dalam waktu malam.

Menurut NASA, gerhana bulan total akan terjadi pada 11:41 PM Eastern Time (ET). Bagi warga yang berada di luar Amerika, gerhana akan bertepatan dengan Bulan terbit dan Bulan terbenam. Itu artinya akan sulit untuk dilihat, karena Bulan akan terlalu rendah di langit atau Matahari masih mendominasi.

Akan tetapi, fenomena itu akan berdampak pada wilayah pesisir Indonesia. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengumumkan peringatan dini terkait adanya pasang maksimal air laut di sejumlah wilayah pada Sabtu (19/1) hingga Selasa (22/1).

Akibat fenomena Supermoon, sejumlah wilayah yang diperkirakan akan mengalami pasang air laut adalah pesisir utara Jakarta, pesisir utara Jawa Tengah, dan pesisir utara Jawa Timur. Kemudian pesisir Cilacap, pesisir Tanjung Benoa Bali, pesisir Kalimantan Barat, dan pesisir Makassar Sulawesi Selatan juga dikabarkan akan mengelami hal yang sama.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top