News

Form C1 Menteng Bukan Dugaan Pelanggaran Pemilu 2019, Ini Kata Bawaslu

Foto : Istimewa

PIAH.COM – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Jakarta Pusat telah selesai melakukan investigasi terkait penemuan form C1 Menteng. Bawaslu Jakarta Pusat menegaskan peristiwa tersebut bukanlah merupakan dugaan pelanggaran pemilu 2019.

“Iya betul, kan 7 hari kerja ya selesai itu kemarin. Terus hasilnya dari keterangan pihak yang kami undang untuk minta informasi dari situ, kemudian kami pelajari dan coba kami kaitkan dengan ketentuan terkait pelanggaran pemilunya di undang-undang Pemilu.” ujar Ketua Bawaslu Jakpus, Halman, Rabu (15/5/2019).

“Dari situ bahwa Bawaslu Jakarta Pusat akhirnya berkesimpulan bahwa penemuan itu atau peristiwa ditemukan C1 itu bukan merupakan dugaan pelanggaran pemilu ya. Itu kesimpulannya,” tambahnya.

Bawaslu sejauh ini sudah memeriksa beberapa saksi mulai dari sopir taksi online hingga polisi yang memberhentikan mobil di wilayah Menteng. Lantaran tidak adanya dugaan pelanggaran pemilu, peristiwa itu, jelas Halman, tidak akan dilanjutkan sebagai temuan.

“Pihak yang kami undang itu kan sopir taksi online itu yang membawa, kemudian anggota lantas yang berhentikan, kemudian dari KPU kami minta juga informasinya. Kemudian kami kaitkan dengan ketentuan pelanggaran pemilu kan,” katanya.

“Maka kami tidak menjadikan itu sebagai temuan karena menjadi temuan itu harus memenuhi dua syarat, yaitu syarat formil dan materil. Jadi peristiwanya bukan pelanggaran pemilu,” lanjut Halman.

Kini form C1 itu masih diamankan di Kantor Bawaslu Jakpus. Untuk selanjutnya, Halman belum mengetahui akan diapakan form C1 itu. Pihaknya menunggu koordinasi dengan pihak terkait.

“Posisinya karena itu diserahkan ke kita, jadi kita masih amankan ya. Untuk apakah kita akan terus amankan atau kembalikan ke kepolisian ini masih kita minta arahan dari pimpinan dari Bawaslu DKI maupun Bawaslu RI,” tutur Halman.

Sebelumnya, penemuan ribuan formulir C1 ini berawal dari operasi lalu lintas yang dilakukan Polres Jakpus pada Sabtu (4/5). Sebuah mobil disetop di Jl Besuki, Menteng kemudian ditemukan 2 kardus di bagasinya.

Kardus itu ternyata berisi ribuan formulir C1. Kardus pertama berisi 2.006 formulir C1 sementara kardus kedua berisi 1.761 formulir C1. Ribuan formulir C1 itu berasal dari sejumlah kabupaten di Jawa Tengah. (faj/piah)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top