Berita Hoax

Foto dan Video Viral Percobaan Pembunuhan Terhadap Habib Ini Ternyata HOAX!

Foto: Robi/Piah.com

PIAH.COM – Belum lama ini tengah beredar berita viral tepatnya Rabu (12/09/2018) di Twitter. Namun, sayangnya informasi tersebut sudah dihapus oleh penggunanya. Tapi ada sebagian dari warganet yang berhasil meng-screenshoot informasi viral tersebut.

Berawal dari Lutfi Ubadi pemilik akun Twitter @18c897e9bfb34c2 tweet “Barusan dapat info telah terjadi percobaan pembunuhan terhadap Habib Alwi Abdurahman Assegaf, benarkah mohon infonya?? apakah komunis..sedang beraksi! @RanupsProSandi #2019PrabowoPresiden.

Perlu diketahui sebelumnya bahwa Habib Alwi Abdurahman Assegaf itu merupakan pimpinan Majilis Ta’lim Al Busyo, Bogor.

Dalam tweet miliknya tersebut disertai satu foto yang menampilkan dimana ada dua orang pria terluka dikepalanya yang sedang diamankan oleh ustadz-ustadz dan habib-habib.

Dan juga ada dua video yang menjelaskan suasana keadaan waktu kejadian tersebut. Sayangnya di dalam video tersebut audionya tidak begitu jelas alias samar-samar jadi kita tidak tahu persis apa yang Habib bilang kepada audience.

Setelah ditelusuri dari berbagai macam sumber yang terkait dengan postingan viral di Twitter ini, kami mendapatkan kepastian dari kebenaran informasi tersebut tidaklah benar dengan apa yang dimaksud oleh penunggah seperti diatas tadi.

Dari beberapa fakta yang ditemukan menjelaskan bahwa kebenaran foto dan video adalah kejadian dimana dua pria yang kepalanya terluka tersebut merupakan maling HP pada acara pengajian Majlis Ta’lim Zaadul Muslim Albusyro.

Namun diketahui dari beberapa komentar didalam video atau tweet disertai sumber lainnya bahwa kedua pria tersebut bukanlah pelaku percobaan pembunuhan terhadap Habib Alwi bin Abdurahman Assegaf melainkan maling HP.

Dua pria malang ini babak belur di hajar warga lantaran aksi nekat mereka dipergoki hendak ingin mencuri HP salah satu pengunjung acara pengajian tersebut

Dan untuk menghindari amukan warga sekitar, maling HP ini diamankan oleh pemuka agama yang kebetulan mengisi acara saat itu.

Hal ini diperkuat oleh fakta yang menguatkan bahwa kedua pria dalam foto dan video disebarkan oknum tak bertanggung jawab itu bukanlah pelaku yang ingin melakukan percobaan pembunuhan terhadap  Habib Alwi Abdurahman Assegaf.

Salah satunya video yang memiliki audio jelas ini diunggah di Instagram melalui akun sirojan_muniro_pusat. Didalam video tersebut terdengar jelas suara Habib Alwi Abdurahman Assegaf menjelaskan dan berkata

“Kepada pihak kepolisian Polres Depok, Polres Bojong mohon segera. Kami gak bertanggung jawab bila dilepas yang mencuri bukan orang jahat gak layak untuk diperlakukan hina. Yang mencuri karena keterpaksaan, mengambil kemanfaatan, bukan orang jahat. Orang jahat tuh orang yang merusak agama, bukan dia yang berdua orang jahat. Tolong! jangan main tangan.” ucap Habib Alwi Abdurahman Assegaf didalam video tersebut. (rob/piah)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
Right Menu Icon