Berita Hoax

Habib Rizieq Dukung Jokowi hingga Ketum PSI Ajak Makan Babi, Top Hoax Minggu Ini

Foto : Piah.com

PIAH.COM – Sepekan ini pada periode 15 April 2019 sampai 21 April 2019, tercatat ada puluhan berita bohong alias hoaks yang beredar di sosial media. Berikut telah tim Piah.com rangkum, beberapa hoaks yang paling banyak dibicarakan warganet di Indonesia.

 

1.Video Dukungan Habib Rizieq untuk Jokowi

Beredar video yang menampilkan Habib Rizieq Shihab mendukung paslon 01, Joko Widodo–Maruf Amin di Pilpres 2019.

Habib Rizieq menyerukan seluruh pejabat dan aparatur sipil negara (ASN) untuk mencoblos pasangan calon nomor urut 01.

Faktanya :

Petinggi DPP Front Pembela Islam (FPI) Habib Novel Bamukmin, menyebut video itu hoax, sengaja diedit oleh pihak tak bertanggung jawab untuk mengalihkan dukungan pengikut Habib Rizieq Shihab dari Prabowo-Sandiaga ke Jokowi-Amin.

 

2. Pesan Ustadz Abdul Somad Dukung Paslon 01

Baru-baru ini tengah beredar sebuah screenshot yang berisi pesan SMS dengan nomor Ustadz Abdul somad (UAS). Dalam pesan tersebut tertulis bahwa UAS menyatakan dukungan kepada paslon 01 atas dasar pertimbangan umat dan masyarakat.

Faktanya :

UAS mengatakan bahwa nomor handphonenya sudah dibajak oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Sebelumnya, diketahui beberapa waktu lalu beredar video chit chat antara capres 02 Prabowo Subianto dengan Ustadz Abdul Somad yang dimana video itu menunjukkan bahwa UAS menyatakan dukungannya kepada paslon nomor urut 02.

 

3. Video Ketua PSI Grace Natalie Ajak Makan Babi Bersama-sama

Beredar video yang menampilkan Ketua Umum PSI, Grace Natalie yang diklaim mengajak ‘makan babi sama-sama’.

Faktanya :

Ketum PSI Grace Natalie mengatakan Bakmi bukan Babi.

“Sekali lagi saya tegaskan, yang saya katakan bakmi, bukan babi,” tegas Grace.

 

4. Ustadz Arifin Ilham Meninggal Dunia

Beredar pesan pada Jumat (19/4/19) pagi yang menyebutkan Ustadz Arifin Ilham meninggal dunia. Berikut pesan yang beredar :

“Innalilahi Wa Innailaihi Roji’un…telah meninggal dunia ustad Arifin Ilham baru saja….kabar dari saudara sepupunya KH. Komarudin..smg Almarhum Husnul khotimah..Aamiin.🙏🏼😭.”

Faktanya :

Muhammad Alvin Faiz, salah seorang putra Ustadz Arifin, menegaskan bahwa pesan berantai itu tak benar dan merupakan hoax yang disebar oleh orang tidak bertanggung jawab.

Sementara itu, Ustadz Arifin menyampaikan bahwa hingga Jumat (19/4/19) ini ia masih berada di Penang, Malaysia, sedang rehat.

 

5. Pakai Ilmu Hitam Buat Menang Pilpers Jokowi Dirukiah

Beredar foto seorang ulama tengah memegang kepala Presiden sekaligus Capres nomor urut 1 Joko Widodo, disebut Jokowi tengah dirukiah karena sering kesurupan.

Faktanya :

Foto itu kali pertama dipakai oleh laman berita daring Merdeka pada 4 Juli 2014. Selain itu, Jokowi juga bukan sedang mengikuti ritual rukiah.

Sementara keterangan foto aslinya adalah: “Ulama dari Ponpes Jawiyah Samarangan memegang kepala Capres Jokowi yang ia doakan.”

(faj/piah)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top