MITOS

Hati-hati, Makanan dan Minuman yang Biasa Kamu Konsumsi ini Ternyata Memicu Kanker!

Foto : Istimewa

PIAH.COM – Makanan dan minuman adalah kebutuhan setiap manusia, berbagai makanan dan minuman sudah dapat kita temui disegala tempat. Namun, kamu tau gak sih? ternyata ada beberapa makanan dan minuman yang mungkin biasa kamu konsumsi ini ternyata dapat memicu kanker apabila mengkonsumsinya secara berlebihan?.

Seperti istri Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Ani Yudhoyono yang menderita kanker darah. Kanker sendiri bisa disebabkan oleh pola makan sehari-hari. Mengonsumsi beberapa bahan makanan secara rutin juga bisa jadi penyebabnya.

Yuk ketahui, berikut 5 bahan makanan yang menyebabkan kanker versi Cancer Center berikut.

1. Daging panggang agak hangus

Daging yang dimasak dengan suhu tinggi membentuk zat kimia yang dapat menyebabkan perubahan DNA Anda. Hal itu tentu menyebabkan kanker.

Konsumsi daging well-done, digoreng atau dipanggang dalam jumlah banyak meningkatkan risiko terkena kanker kolorektal, pankreas, dan prostat.

Jika ingin memasak daging, para ahli merekomendasikan untuk melakukan braising lalu merebus atau memanggangnya. Braising merupakan cara memasak awal yang membuat caramelization dengan teknik pan seared (memasak di wajan datar dengan panas tinggi) dalam waktu sebentar. Selain itu, Anda bisa memarinasi daging lebih dulu sebelum dimasak guna mengurangi risiko pembentukan karsinogen.

2. Daging merah

Daging sapi, domba, kambing, babi, dan kuda masuk dalam kategori ini. Memakan daging merah dalam jumlah banyak berkaitan dengan kanker kolorektal, pankreas dan prostat.

3. Daging olahan

Makanan olahan seperti bacon, sosis, pepperoni hingga kornet masuk dalam kategori bahan makanan olahan yang populer.

Para peneliti IARC menemukan bahwa sebanyak 50 gram daging olahan yang dikonsumsi setiap hari bisa meningkatkan risiko kanker kolorektal sebesar 18 persen. Jika Anda pencinta daging olahan, pilihlah daging olahan yang bebas nitrit. Selain itu, cari yang tidak memakai pengawet.

4. Minuman panas

Minuman panas di sini ialah minuman yang memiliki panas lebih dari 65 derajat celcius. Jadi, pastikan kopi, teh atau cokelat buatan Anda tidak lebih dari suhu tersebut.

Bahan campuran teh seperti gula sebenarnya tidak masuk ke dalam bahan penyebab kanker. Akan tetapi pemanis buatan justru menambah kalori kosong yang sebabkan kenaikan berat badan bahkan obesitas. Obesitas sendiri dikaitkan dengan 13 jenis kanker.

Mengurangi konsumsi gula tambahan bisa jadi salah satu perubahan untuk mengurangi risiko terkena kanker. Namun menurut ahli gizi, Langlois, kelima bahan di atas tak akan memberi efek negatif pada tubuh jika Anda tetap menjalankan diet seimbang dengan mengonsumsi banyak buah, sayuran, biji-bijian, dan rendah lemak jenuh.

5. Alkohol

Konsumsi alkohol berkaitan erat dengan risiko terkena kanker. Ketika tubuh memetabolisme alkohol, tubuh menghasilkan asetaldehida. Asetaldehida merupakan senyawa kimia yang bisa merusak DNA sehingga menyebabkan kanker.

Para peneliti di The International Agency for Research on Cancer (IARC), menemukan bahwa semakin banyak jumlah alkohol yang Anda minum, semakin tinggi risiko Anda terkena kanker. Mulai dari kanker kepala dan leher, kerongkongan, hati, payudara hingga kanker usus besar.

Para ahli merekomendasikan Anda untuk membatasi konsumsi alkohol. Untuk wanita dewasa, dianjurkan untuk tidak meminum lebih dari satu porsi alkohol. Sedangkan untuk pria dewasa, tidak boleh lebih dari dua porsi. Satu porsi di sini didefinisikan ke dalam 12 ons bir, 5 ons wine atau 1,5 ons minuman keras lainnya. (faj/piah)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top