Edukasi

Hoaks Ada Karena Ideologis dan Komersial, Ini Langkah Serta Alasan Kenapa Orang Membuat Pabrik Berita Palsu

Ilustrasi. Foto: Pusat Informasi Anti Hoax. Piah.com

PIAH.COM – Meskipun kehadiran dan penyebaran berita palsu bukanlah hal baru, namun internet dan media sosial mengubah bagaimana cara berita palsu dibuat dan disebarkan.

Berita palsu atau hoaks dibuat dengan proses multi-langkah yang melibatkan pembuatan atau pengambilan konten yang orang lain hasilkan, menyampaikannya agar tampak sebagai berita nyata, dan memanfaatkan media sosial untuk mendapatkan perhatian sebanyak mungkin.

Pada dasarnya, mereka yang mengoperasikan situs web berita palsu menginginkan sebanyak mungkin pengunjung datang ke situs mereka.

Sementara beberapa pembuat berita palsu ingin pengunjung melihat konten dan memengaruhi nilai-nilai politik mereka, yang lain hanya ingin pengguna internet mengkliknya, yang sering membawa pengguna ke situs web tersebut, di mana pengguna akan melihat lebih banyak konten (ideologis atau tidak) atau melihat iklan.

Ketika sebuah situs web memiliki iklan di dalamnya, kunjungan tersebut menghasilkan keuntungan berupa pendapatan dari iklan bagi pemilik situs web.

Kedua motivasi ini yaitu ideologis dan komersial dimana menuntut sebanyak mungkin klik dan kunjungan dari pengunjung situs web yang bersangkutan.

Dengan mengingat hal ini, mari kita telusuri langkah-langkah pabrik berita palsu dalam membuat dan menyebarkan hoaks:

LANGKAH 1: MEMBUAT SITUS BERITA PALSU
Langkah pertama untuk membuat pabrik berita palsu adalah membuat situs web, di mana berita palsu akan disajikan, atau di-hosting. Ini memerlukan dua hal, nama domain untuk situs web dan host untuk situs web itu sendiri. Masing-masing dapat dibeli dengan harga relatif murah, dan keduanya dirancang agar terlihat seperti situs berita yang sah.

Nama domain untuk situs web adalah alamat situs. Pada dasarnya, itu adalah path yang diambil browser Anda di internet untuk sampai ke tempat tertentu. Nama domain biasanya terlihat seperti www.contoh.com, dan dapat dianggap sebagai nama situs web.

Pikirkan nama domain sebagai alamat (di dunia maya), itu mungkin memberi tahu Anda cara untuk pergi ke suatu tempat, tetapi itu tidak ada hubungannya dengan apa yang sebenarnya ada di sana.

Sekarang, pemilik situs-situs ini ingin mereka terlihat seperti situs berita nyata, sehingga orang-orang lebih cenderung mempercayai mereka. Pikirkan beberapa contoh situs web berita nyata, seperti www.abcnews.com atau www.nytimes.com. Anda mungkin percaya ini adalah situs berita yang sah karena kedengarannya seperti organisasi berita nyata yang sudah Anda ketahui.

Ini adalah strategi yang digunakan oleh sebagian besar pembuat berita palsu untuk membuat orang mengunjungi dan menganggap situs-situs ini sah.

Politifact.com yang bekerja dengan Facebook membuat daftar 330 situs web berita palsu. Ini contohnya:

Strategi untuk membuat alamat domain yang tampak sah meluas kepada bagaimana situs web seharusnya juga terlihat. Tata letak dan desain situs web berita palsu sengaja dirancang agar terlihat seperti situs berita asli. Di bawah ini adalah beberapa contoh situs berita palsu dan situs berita nyata. Lihat apakah Anda dapat membedakannya.

Gambar di atas menunjukkan panjangnya situs berita palsu untuk membuat situs mereka terlihat sama dengan situs berita online arus utama.

Mengapa situs web berita palsu melakukan ini? Mereka menginginkan perhatian sebanyak mungkin. Pikirkan tentang terbatasnya waktu dan minat yang dapat Anda dedikasikan untuk membaca atau menonton berita. Pikirkan tentang seberapa sering Anda mengklik sesuatu yang Anda lihat di media sosial. Anda lebih cenderung mengklik sesuatu yang menurut Anda nyata daripada membuang-buang waktu untuk sesuatu yang jelas-jelas palsu.

Mereka yang memiliki situs berita palsu ini mengetahui hal ini, dan menggunakan metode licik ini untuk mendapatkan perhatian Anda.

LANGKAH 2: MENCURI KONTEN
Sekarang ketika pabrik berita palsu sudah memiliki nama domain yang menipu dan desain yang apik, selanjutnya membutuhkan konten untuk mengisinya. Sekarang, mungkin saja pemilik situs berita palsu dapat membuat konten mereka sendiri dan mencoba untuk menyampaikannya sebagai situs berita nyata.

Kelemahan dari membuat konten sendiri adalah hal itu membutuhkan waktu dan energi. Banyak pemilik situs berita palsu menginginkan proses ini sesederhana dan semurah mungkin. Jadi pemilik situs web berita palsu sering mencuri konten untuk mengisi situs mereka.

Sumber paling umum yang kontennya banyak dicuri oleh pemilik situs berita palsu adalah situs web satir, atau dari berita “clickbait” yang sensasional.

Berita-berita clickbait mirip dengan berita tabloid. Berita utama mereka sensasional dan dramatis, menarik pembaca untuk mengklik untuk membaca lebih banyak, bahkan jika cerita sebenarnya agak dangkal.

Pemilik situs berita palsu akan mendatangi situs web ini, menyalin, dan mengunggah ulang konten di situs mereka sendiri, mencoba menyampaikan informasi ini sebagai fakta. Proses ini mudah, hanya perlu menyalin dan menempel, dengan mungkin sedikit memformat ulang, biasanya pada judul.

Judulnya paling penting. Headline yang menarik dan menghebohkan dapat membuat orang mengklik pada berita palsu tanpa melihat siapa yang membagikannya atau dari mana asalnya.

LANGKAH 3: MENJUAL SLOT IKLAN
Setelah pabrik berita palsu kita memiliki konten, langkah kita selanjutnya adalah menghasilkan uang. Salah satu motivasi bagi pemilik situs berita palsu adalah mendapatkan uang dari situs web ini.

Pemilik situs-situs ini dapat menghasilkan sedikit uang dari setiap pengunjung di salah satu halaman web mereka, dan uang yang sedikit lebih besar setiap kali pengunjung mengklik iklan di halaman.

Bagi pemilik situs berita palsu ini, prosesnya sebagian besar otomatis.

Kontrol yang mereka miliki atas iklan yang muncul di situs mereka biasanya minimal. Begitu juga pekerjaan yang diperlukan untuk mengaturnya. Pemilik situs web berita palsu menjual bagian dari halaman situs web mereka kepada perusahaan periklanan.

Pengiklan kemudian menjalankan iklan di halaman ini. Perusahaan periklanan bertindak sebagai “perantara” yang menghubungkan iklan yang dibeli oleh perusahaan lain dengan situs berita, dengan algoritma perusahaan iklan yang akan menentukan siapa yang melihat iklan apa.

Algoritma yang dikembangkan oleh perusahaan iklan ini menggunakan data pelacakan yang dikumpulkan situs web berdasarkan riwayat tampilan web pengguna. Dengan melampirkan cookie (perangkat lunak pelacakan) kepada web browser Anda, mereka dapat mencatat halaman web lain apa yang Anda lihat dan apa yang Anda klik.

Dengan menggunakan data ini, perusahaan periklanan dapat membangun profil konsumen yang memungkinkan mereka menargetkan iklan yang paling mungkin membuat Anda—atau setidaknya orang-orang seperti Anda—mengkliknya.

Pemilik situs web berita palsu hanya perlu memusatkan perhatian pada sebanyak mungkin orang yang mengunjungi situs web mereka, sementara yang paling penting bagi pengiklan adalah memiliki akses kepada bagian situs web paling populer untuk menargetkan iklan mereka kepada sebanyak mungkin orang.

Situs web berita palsu kita sekarang dapat menghasilkan lebih banyak uang yang masuk, yang akan menutupi modal sejumlah kecil uang yang awalnya diinvestasikan.

LANGKAH 4: MENYEBARKAN KONTEN MELALUI MEDIA SOSIAL
Terakhir, situs berita palsu membutuhkan pengunjung, dan media sosial menyediakannya. Misalnya, penelitian telah menunjukkan bahwa rute yang paling umum ke situs web berita palsu adalah melalui Facebook.

Dengan kata lain, orang melihat tajuk utama atau berita singkat di Facebook dan mengklik tautannya, lalu web browser mereka akan membuka halaman tertentu tempat cerita-cerita palsu di-host. Dengan demikian, pemilik situs berita palsu mencoba untuk mendapatkan sebanyak mungkin klik melalui media sosial.

Akun tersebut seolah-olah milik orang biasa, tetapi dengan gambar dan nama yang dicuri dari pengguna lain. Mereka terlihat seperti akun-akun normal lainnya tidak memiliki niat untuk memanipulasi orang lain.

Namun, akun palsu ini tidak memiliki teman atau pengikut mereka sendiri dari kehidupan nyata, yang dapat menyebarkan berita palsu mereka. Salah satu strategi untuk mengatasinya adalah dengan menambahkan teman secara acak dan mengirim mereka tautan ke situs berita palsu.

Namun, strategi yang lebih halus melibatkan menemukan kelompok kepentingan yang ada di Facebook, atau tagar di Twitter, dengan minat yang dapat dieksploitasi.

Misalnya, jika pemilik situs berita palsu memiliki situs web yang memuat konten pro-Trump, cara mudah untuk mendapatkan klik adalah dengan mengunggah berita utama dan tautan ke berita-berita itu ke grup Facebook yang pro-Trump.

Demikian pula, orang dapat mengirim berita utama (dan tautan) yang keterlaluan tentang kekerasan terhadap kucing kepada kelompok media sosial pecinta kucing. Penyemaian media sosial jenis ini adalah langkah paling proaktif dalam rantai pasokan dari pabrik berita palsu kami.

Alih-alih mencoba mendapatkan klik dari siapa pun secara acak, dengan mendekati grup media sosial dengan minat yang telah ditentukan, pemilik situs berita palsu bisa mendapatkan lebih banyak klik dengan lebih efisien.

Cara paling umum untuk melakukan ini adalah membuat akun Facebook palsu, dan mengunggah ke grup yang ada. Seperti cara operator situs berita palsu mencuri konten dan menyebarkannya sebagai fakta, mereka dapat mencuri identitas, membuat akun palsu di platform media sosial, dan membuatnya tampak nyata.

LANGKAH 5: ULANGI
Semakin banyak situs berita palsu yang mereka miliki, semakin banyak iklan yang dapat mereka tampilkan, tetapi semakin banyak klik yang akan mereka butuhkan juga.

Perhatian pada umumnya terkonsentrasi hanya pada beberapa situs berita palsu, dengan lebih banyak lagi situs berita palsu yang hampir tidak mendapat perhatian sama sekali. Oleh karena itu, untuk membuat pabrik berita palsu yang sukses, sering ada banyak trial and error.

Beberapa situs web akan mendapatkan banyak traffic, beberapa tidak akan mendapatkan traffic sama sekali. Sebagai alternatif, beberapa keluhan akan pelanggaran hak cipta dapat menghapus situs berita palsu, dalam hal ini pemilik akan menutup situs tersebut dan mulai membuat situs lain menggunakan proses yang sama.

Model pabrik berita palsu sangat sukses karena dapat dengan mudah direplikasi, disederhanakan, dan membutuhkan sedikit keahlian. Klik dan perhatian adalah yang terpenting, asalkan Anda bisa mendapatkan nama domain yang tepat, layanan hosting, konten curian, dan penyebaran di media sosial.

Keterangan foto utama: WhatsApp, aplikasi pesan singkat yang disukai untuk berbagi berita di Asia Tenggara, tengah meningkatkan langkah-langkah untuk mencegah penyebaran misinformasi. Foto tersebut menunjukkan kampanye “anti berita palsu” pemerintah Malaysia dari bulan April 2018, yang dikritik sebagai cara untuk membungkam perbedaan pendapat. (Foto: Getty Images)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top