Berita Hoax

[HOAX] Beredar Kondom Bergambar Jokowi-Ma’ruf Amin, Ini Faktanya

Foto : Istimewa

PIAH.COM – Baru-baru ini tengah beredar informasi yang menyebut adanya foto kondom bergambar capres-cawapres nomor urut 01 Joko Widodo (Jokowi)-Ma’ruf Amin. Hal tersebut dibantah langsung oleh Tim Kampanye Nasional (TKN).

Setelah menerima informasi itu, TKN Jokowi-Ma’ruf Amin berencana melaporkan dugaan fitnah yang telah tersebar di WhatsApp dan media sosial tersebut. Timses Jokowi menilai polisi harus segera bertindak.

“Aparat harus bertindak. Kita laporkan ke aparat penegak hukum segera,” kata Wakil Sekretaris TKN Jokowi-Ma’ruf, Ahmad Rofiq, kepada wartawan, Sabtu (9/3/2019).

Dalam penelusuran tim Piah.com, salah satu akun media sosial yang mengunggah informasi tersebut adalah akun Facebook atas nama Angga Wibisono. Dalam unggahannya tersebut juga ia memberikan narasi sebagai berikut :

“Nah iniloh yg tak maksud kapan hari.
Tujuannya bagi-bagi kondom dg logo capres ini apa?
Dan ini dibagikan ke siapa? Kalangan LGBT kah? Atau bebas umum?
Amat sangat merusak anak bangsa!!!”

Ditelusuri lebih dalam, ternyata foto tersebut telah melewati proses pengeditan atau suntingan, guna membangun premis pelintiran yang tidak sesuai dengan konteks yang sebenarnya dari isi berita yang dibagikan dan menghubungkan konteks tersebut dengan hal lain.

(faj/piah)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top