Berita Hoax

[HOAX] Bukti Mobil Tempur Pasukan Asing Sudah Mendarat di Indonesia

Foto: Istimewa

PIAH.COM – Belum lama ini ada postingan berupa foto dan dilengkapi narasi yang bikin heboh di dunia maya. Bahkan ada warganet menertawai dalam komentar postingan tersebut.

Melalui akun Ciput Putrawidjaja membagikan kisah lucu dari temannya yang mengirim foto sebuah kendaraan tempur lapis baja di atas truk pengangkut atau towing truck.

Dia menjelaskan bahwa foto yang dikirim temannya itu dibagikan oleh temannya yang mengatakan bahwa itu bukti adanya pasukan asing yang mendarat di Indonesia dengan dalih menjaga keamaan selama pemilu, padahal nantinya akan menguasai negeri ini.

Langsung saja kita kupas tuntas postingan hoax yang nyeleneh dan bikin tertawa warganet, sebagai berikut ini bunyi narasi yaitu:

Antisipasi Pasca Pemilu bila terjadi sesuatu maka Pasukan asing akan masuk ke NKRI dg dalih melindungi warga asing yg ada disini…. Ini dugaan sementara, sekarang pertanyaannya dimanakah pasukan asing itu sendiri!? Anda tdk sadar bahwa mereka sdh ada disekitarmu tanpa anda sadari krn memang sudah dipesikahkan oleh Rezim. now..U know!?

Status: HOAX
Fakta dan Penjelasannya:

Jika kita perhatikan mobil yang ada di dalam foto tersebut terdapat tulisan UN, UN merupakan singkatan dari United Nations alias PBB (Perserikatan Bangsa-Bangsa) dan perlu kita ketahui bahwa tidak ada sejarahnya PBB menguasai suatu negara, selain untuk tujuan perdamaian atau sebagai penegah negara yang sedang alami konflik.

Selain itu, Indonesia termasuk salah satu negara partisipan pasukan perdamaian PBB sejak Kontingen Garuda 1 (KONGA 1) dikirim ke Sinai dalam Misi UNEF 1 pada tahun 1957 hingga baru-baru ini pasukan POLRI dikirim ke Rep. Afrika Tengah. Total sudah lebih dari 3500 tentara dan polisi Indonesia terlibat dalam misi-misi perdamaian PBB ini. Sebaliknya Indonesia memang pernah ketempatan pasukan berbaret/helm biru ini, yaitu 1962-3 di Papua Barat (UNSF) dan 1999-2002 di Timor Timur/Timor Leste (UNAMET & UNTAET).

Lalu kembali lagi fakta yang terdapat dalam foto tersebut, dimana jika diperhatikan baik-baik di bagian pintu belakang ada tulisan INDO FPU yang merupakan singkatan dari Indonesian Formed Police Unit. Berati kendaraan ini bukti sah atau valid bahwa itu kendaraan milik Indonesia, lebih tepatnya milik Polri.

Asal tahu saja, kendaraan ini merupakan jenis kendaraan tempur taktis (rantis) lapis baja dimana kendaraan angkut pasukan (Armored Personnel Carrier) merk V-GOR milik POLRI yg akan dikirim untuk misi perdamaian PBB di Rep. Afrika Tengah.

Sumber Informasi Pemberitahuan Tentang Hoax: https://www.facebook.com/ciput.putrawidjaja/posts/10156468471627983

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top