Berita Hoax

[HOAX] Foto Penampakan Tol Cisumdawu, Cileunyi-Sumedang-Dawuan Memangkas Bukit

Foto : Istimewa

PIAH.COM – Telah beredar di sosial media sebuah foto yang diklaim adalah penampakan jalan tol tol Cisumdawu, Cileunyi-Sumedang-Dawuan. Gambar tersebut sontak viral dan jadi bahan pembincangan hangat oleh para warganet.

Salah satu yang menyebarkan foto tersebut adalah Fanspage (FP) Facebook atasnama ‘Emak-emak Cyber Army’, FP tersebut juga menambahkan narasi pada gambar tersebut :

Penampakan tol Cisumdawu, Cileunyi-Sumedang-Dawuan, 60 km, yang memangkas dan menerobos bukit.

Postingan dari FP yang diunggah pada Minggu (24/03/2019) pukul 05.25 WIB tersebut, telah menuai 370 reaksi, 35 komentar, dan 129 kali dibagikan pengguna Facebook.

Selain dari FP Emak-emak Cyber Army, unggahan juga sebelumnya telah dibagikan oleh FP atasnama ‘Pakde Jokowi’ yang beralamat ( facebook.com/pakdejokowiku ), Namun postingan tersebut telah dihapus. Menurut jejak digital, postingan itu Sudah dibagikan 3.102 kali saat terakhir terpantau. Namun apakah benar begitu?

Setelah ditelusuri, ternyata klaim terhadap foto tersebut tidaklah benar. Foto jalan tol tersebut bukanlah foto jalan tol di India maupun di Indonesia, melainkan jalan raya D400 Mersin-Antalya di Turki.

 

 

Akun facebook dengan nama Civil Engineering Discoveries memposting foto jalan itu dengan narasi sebagai berikut :

“Mersin Antalya Highways !! Turkey”

 

 

Sementara itu, video terkait jalan tersebut sudah diunggah pada tahun 2017 di akun Youtube ‘Mesut Aygar’

 

Gambar peta Google maps juga cocok dengan yang ada di pos Facebook.

 

 

Namun, jalan tol Cisumdawu yang membelah bukit memang ada, Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) yang dibangun sejak 2012 tersebut ditargetkan beroperasi sebagian pada tahun ini. (faj/piah)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top