Berita Hoax

Hoax, Kabar Jokowi Kerja Sama dengan Bank Menggunakan Dana Nasabah untuk Proyek Besar

Foto : Screenshot Piah.com

PIAH.COM – Baru-baru ini beredar kabar Presiden Joko Widodo (Jokowi) bekerja sama dengan beberapa pihak bank untuk menggunakan dana nasabah demi suatu proyek besar. Kabar tersebut dipastikan adalah hoaks.

Berawal akun twitter dengan username @GhostBlackCyber membuat postingan berisi video dengan narasi yang intinya mengajak nasabah dari beberapa bank yakni BCA, BNI dan Mandiri untuk melakukan penarikan dana mulai dari 29 Januari hingga 2 Februari 2019.

Akun itu memberi pernyataan tersebut dengan alasan dana yang ada di bank tersebut akan dipakai Jokowi dan pihak bank untuk bekerja sama dalam proyek besar. Berikut narasi lengkapnya:

“Assallamuallaikum .. Sampaikan Ke Rekan Tgl 29-2 Februari Saya Harap Tarik Semua Dana Yang Anda & Keluarga Miliki Yang Tersimpan Di BCA , BNI & MANDIRI Agar Dana Kalian Tidak Di Pakai Pada Rencana Mendatang ! Karna Jokowi & Bank Bank Tersebut Bekerja Sama Untuk Proyek Besar !,” cuit akun Twitter @GhostBlackCyber, Sabtu (26/1).

Dalam video yang diposting, disebutkan juga dana nasabah dari beberapa yang disebutkan akan digunakan untuk dana kampanye dan diarahkan guna mencoblos salah satu paslon.

Menanggapi hal ini Corporate Secretary & Chief Economist Bank Negara Indonesia (BNI), Ryan Kiryanto, meminta kepada masyarakat agar tidak terpancing dengan kabar bohong yang diedarkan akun @GhostBlackCyber itu.

“Berita itu tidak benar. Itu hoaks. Tidak usah dianggap. Lupakan saja,” katanya saat dimintai konfirmasi.

Ia juga meminta kepada media untuk membantu mempublikasikan agar masyarakat tidak terpengaruh terhadap isu yang beredar terkait dana nasabah diperuntukkan untuk pembiayaan kegiatan Jokowi. Apalagi tahun ini merupakan tahun politik.

“Tolong masyarakat dibantu memahami hal-hal tersebut. Terima kasih,” pintanya. (faj/piah)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top