Berita Hoax

[HOAX] Liputan 6 SCTV Telah Merevisi Hasil Quick Count

Foto: Istimewa

PIAH.COM – Beredar sebuah video yang menampilkan potongan rekaman berita Liputan 6 SCTV dan klaim kemenangan pasangan nomor urut 02 Prabowo-Sandiaga.

Tayangan tersebut menampilkan presenter berita, Jati Darma dan infografis exit poll dari Badan Pemenangan Nasional Prabowo-Sandi dengan perolehan suara untuk pasangan 01 Jokowi-Ma’ruf 42,8 persen dan pasangan Prabowo-Sandiaga sebesar 55,4 persen.

Dalam narasi yang beredar pada media sosial dan whatsapp disebutkan bahwa SCTV TV pada pukul 12.30, sudah merevisi info hasil pilpres.

Redaksi Liputan 6 SCTV mengklarifikasi perihal dengan munculnya sebuah gambar yang di dalamnya menampilkan seorang presenter dan sebuah infografis exit poll dari Badan Pemenangan Nasional Prabowo-Sandi dengan perolehan suara untuk pasangan 01 Jokowi-Ma’ruf sebesar 42,8 persen dan pasangan Prabowo-Sandi sebesar 55,4 persen.

Dalam pesan yang beredar, pembuat pesan menyebut bahwa SCTV telah merevisi info dari hasil Pilpres. Berikut bunyi pesan yang tersebar di media sosial Facebook dan juga Whatsapp:

Gugat Quick Count

Alhamdulillah, bbrp TV yg Tdk berFihak kepd Paslon 02/ PS,
Telah meNiadakan
TAMPILAN QC / Hitung Cepat
In syaa Allah, di Semua Media TV

Karena meNYlEBAR kan KeBohongan Publik.

Atas Desakan,
Peringatan KPI (Komisi Penyiaran Ind.), serta Somasi dari PENGACARA BPN & SEMUA PIHAK

SCTV TV siang ini pkl 12.30, sdh meRevisi info hasil pilpres, sbb : Joko-MA 42,8%. PAS-SANDI 55,4%.

KeKhawatiran Serius utk di PIDANAkan karena menyiarkan Data Palsu dan KeBohongan Publik.

Hari ini jam 11 di Bareskrim sdh ajukan semua QC & semua TV penayang QC ke Pengadilan.

APIB,

Mohon di Inform kan kepd Seluruh Rakyat Indonesia.

Dari hasil penelusuran yang didapat, diperoleh dua sumber yang menyebut bahwa SCTV telah merevisi hasil info hitung cepat Pilpres yakni dari media sosial Facebook dan pesan berantai Whatsapp. Memiliki narasi yang serupa, baik sumber yang diperoleh dari Facebook dan juga Whatsapp menyebut jika SCTV telah merevisi hasil perhitungan Pilpres

Menanggapi hal itu, pihak Redaksi Liputan 6 SCTV secara resmi mengklarifikasi bahwa video yang menampilkan tayangan berita Liputan 6 SCTV edisi Kamis 18 April 2019 itu dipotong sehingga tidak utuh kontennya.

Mereka dengan tegas membantah telah merevisi info hasil hitung cepat maupun exit poll pilpres pada program Liputan 6 siang SCTV edisi Kamis 18 April 2019. Adapun tayangan berita utuh yang berdurasi 3 menit lebih tersebut direkam hanya bagian exit poll versi BPN oleh pihak yang tak bertanggung jawab dan disebarkan untuk maksud tertentu.

Potongan video tersebut disalahgunakan, seolah-olah Liputan 6 merevisi hasil quick count sejumlah lembaga survei, yang menyatakan keunggulan pasangan Jokowi-Ma’ruf.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top