Berita Viral Medsos

[HOAX] Viral di Medsos Video Tentang Wanita Korban Perkosaan dan Pembunuhan di Underpass Cawang

Foto: Istimewa

PIAH.COM – Belum lama ini beredar sebuah video dan narasi yang mengatakan bahwa agar lebih berhati-hati saat naik ojol, taxi online dan lainnya karena telah terjadi seorang wanita yang diperkosa dan dibunuh kemudian dibuang di underpass Cawang.

Dalam video yang tersebar lewat WhatsApp tersebut, terlihat seorang perempuan setengah telanjang tergeletak di tengah sebuah jalan underpass. Keterangan yang mengiringi video itu menarasikan, perempuan tersebut merupakan korban pemerkosaan yang dibuang di tengah jalan oleh pelaku.

“Ati2 yah yg naek Grab/ Gojek, Taxi Online dll…terutama Cewek. Hbis di perkosa, dibunuh di buang di underpass Cawang. Sekarang di tokopedia dan bukalapak semua ada jual id driver grab dan gojek .. Semua bisa dibeli atas nama org lain. Kalau di buat kejahatan akan bahaya, so jangan pernah tolerir kalo ada driver yg bilang maaf mobilnya beda. Karena menurut kebijakan dari perusahaan grab sendiri tidak bertanggung jawab atas identitas yg berbeda. Lebih baik di cancel juga orgnya gak sama. ni udah banyak kejadian, jgn dianggap remeh,” bunyi pesan tersebut.

Setelah kami mencoba menelusuri video viral yang tersebar di media sosial ternyata bukanlah video mayat perempuan korban pemerkosaan dan pembunuhan.

Kapolres Metro Jakarta Timur Kombes Ady Wibowo memastikan, video yang beredar itu diambil pada sebuah peristiwa kecelakaan di Bali.

“Ini kasus laka (kecelakan lalu lintas) di daerah Bali,” kata Ady saat dikonfirmasi wartawan, Rabu (15/5/2019) siang.

Menurut Argo, sebagian besar informasi seperti foto dan video yang beredar di sosial media merupakan kasus lama yang sengaja disebar oknum-oknum tidak bertanggung jawab.

Dia juga mengimbau masyarakat tidak langsung terprovokasi informasi yang beredar di media sosial tentang maraknya aksi begal di Jakarta dan sekitarnya.

“Saya sampaikan di sini, keamanan di Jakarta dalam kondisi kondusif. Masyarakat jangan khawatir saat beraktivitas. Tidak ada kejadian yang menakutkan,” kata Argo.

Secara terpisah, Kanit Reskrim Polsek Kuta, Iptu I Putu Ika Prabawa menyampaikan bahwa video sosok mayat wanita setengah telanjang itu adalah hoax. Korban sesungguhnya adalah laki-laki, bukanlah wanita seperti kabar yang beredar di media sosial.

Dan menurut Kapolresta Denpasar, Kombes Ruddi Setiawan mengatakan bahwa pria setengah telanjang ditemukan bersimbah darah di Underpass Ngurah Rai, Tuban, Badung, Bali. Mayat pria malang tersebut diduga korban tabrak lari

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top