Berita Hoax

Hoax, Viral Gambar TV Dirusak Karena Berita BBM Turun 200 Rupiah

Foto : Screenshot Piah.com

PIAH.COM – Belum lama ini telah beredar sebuah postingan yang menampilkan 2 foto telivisi yang dirusak dengan palu. Di foto pertama terlihat TV masih dalam keadaan menyala dengan layar yang menampilkan tayangan berita yang menampakkan sosok presiden RI Joko Widodo.

Di foto kedua terlihat TV sudah dalam keadaan hancur dengan palu yang menancap dilayar. Postingan tersebut diunggah dengan menyertakan narasi sebagai berikut:

“12x naik bbm malam hari diem2 bbm turun 1 x 200 rupiah terus di liput media koar2
Vanqciattt”

Setelah ditelusuri, ternyata cerita dibalik gambar televisi yang dirusak tersebut tidak seperti itu. Diketahui, gambar pertama kali muncul di internet pada tahun 2017, dikaitkan dengan kekalahan Timnas Sepakbola Indonesia U-22 dari Malaysia pada SEA Games 2017.

Sementara itu gambar yang menampilkan tayangan berita yang menampakkan sosok presiden RI Joko Widodo dan tulisan “Pemerintah Turunkan Harga BBM 200rupiah” adalah gambar yang sudah mengalami proses editing.

Postingan tersebut diunggah oleh akun Facebook atas nama Na’ty Munawar. Terakhir kali dipantau, postingan tersebut sudah dibagikan lebih dari 7163 kali. Namun postingan tersebut kini sudah dihapus. (faj/piah)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top