Berita Viral Medsos

[HOAX] Viral! Hanya Satu Didunia, Bunga Langka ‘Megapuspa’ Mekar di Puncak Gunung Jayawijaya Papua

Foto: Istimewa

PIAH.COM – Beredar postingan di facebook dan aplikasi whatsapp mengenai bunga eksotis yang diklaim berada di puncak Jaya Wijaya Papua, seperti pada postingan di bawah ini:

‘Bunga MEGAPUSPA, yg sedang mekar di puncak Gunung Jayawijaya, Papua (di dunia hanya ada 1, di Papua), yg mekarnya 33 th sekali, tadi jam 14.30 Wita terjadi pemekaran sempurna 🙂 Indonesia 🇲🇨 👍’

Demikian salinan isi pesan tersebut disertai foto yang disebut sebagai bunga megapuspa.

Di antara yang menerima pesan tersebut, ada yang menunjukkan rasa kagumnya karena bunga megapuspa diklaim hanya ada 1 di dunia dan itu tumbuh di Papua.

Tetapi ternyata itu adalah berita bohong atau hoaks.

Informasi mengenai bunga megapuspa mekar di puncak Gunung Jayawijaya bukan hanya beredar pada hari ini. Sebelumnya beredar setahun hingga dua tahun lalu yaitu 2017. Bunga megapuspa juga sempat disebut mekar di puncak Gunung Himalaya.

Lalu bagaimana faktanya?

Dikutip dari laman Kementerian Komunikasi dan Informatika RI ( Kominfo) Kominfo.go.id dan laman turnbackhoax.id yang memuat hasil verifikasi informasi tersebut, disebutkan bahwa foto yang disebut sebagai bunga megapuspa ternyata merupakan foto makhluk bernama Pena Laut (sea pen), sebuah koloni laut yang dikelompokkan dalam oktocoral atau soft corals.

Karang itu biasa ditemukan di perairan tropis di seluruh dunia dan biasanya hidup di kedalaman 6.100 meter.

Hewan dengan ukuran 5 cm sampai 2 meter tersebut bisa bersinar dalam kegelapan dan mempunyai penampakan yang indah. Pena laut sangat cantik, tubuhnya langsing dan tingginya bisa mencapai 2 meter.

Pena laut merupakan anggota keluarga Cnidaria. Cnidaria adalah keluarga hewan air yang punya sel penyengat.

Pena laut punya bulatan seperti umbi di bagian bawah tubuhnya. Bulatan itu berfungsi sebagai alat untuk mencengkram, jadi ia tidak mudah terbawa arus laut.

Di sepanjang tubuhnya ada polip yang mirip seperti bulu. Polip itu tugasnya mencari makan dan mengatur keluar masuknya air.

Pena laut sangat mirip dengan pena bulu. Pena laut bisa hidup hingga 15 tahun. Pena laut selalu diam di tempatnya. Makhluk ini baru berpindah tempat saat tidak ada plankton di sekitarnya.

Saat merasa terancam, zat bioluminesensi di tubuhnya akan bereaksi. Saat zat itu bereaksi, tubuhnya akan bercahaya dan berpendar dengan cantik.

Sayangnya, ada dua hewan yang suka memakan makhluk cantik ini. Kedua hewan itu adalah bintang laut dan nudibranch (siput laut).

Jadi, foto yang disebut sebagai bunga megapuspa dan hanya mekar sekali dalam tempo 33 tahun bukanlah bunga megapuspa. Itu pena laut yang bisa hidup hingga 15 tahun.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top