Berita Viral Medsos

[HOAX] Viral! Hewan yang Suka Tinggal Dikuburan Ini Punya Suara Jeritan Seperti Orang Tersiksa dalam Kubur

Foto: Istimewa

PIAH.COM – Belum lama ini, Twitter dihebohkan dengan sebuah video yang menampilkan seekor hewan mirip kura-kura yang ditemukan di kuburan di Arab Saudi. Makin aneh, dalam video tersebut, hewan ini mengeluarkan suara jeritan yang mengerikan.

Video ini menjadi viral di Twitter usai diunggah @luaneyap31 pada Sabtu (22/6/2019) lalu hingga membuat netizen berdebat mengenai keaslian video tersebut.

Dalam video terlihat seorang pria tengah memegang seekor hewan berbentuk kura-kura yang menurut cuitan netizen ini adalah Suppon. Makin aneh, hewan ini mengeluarkan suara jeritan mengerikan yang disebut sebagai siksa kubur.

”Believe it or not: Sejenis binatang di negara Arab yang suka tinggal di perkuburan, banyak orang menyangka suara ini datang dari suara orang tersiksa di dalam KUBUR. Inilah suaranya menyerupai suara jeritan SIKSA. Menurut teman yg tinggal di Jepang, binatang ini namanya Suppon dn dimakan..” tulis cuitan yang dibuat @luaneyap31.

Terdengar beberapa kali, hewan ini mengeluarkan suara mirip jeritan mengerikan dalam video 15 detik yang diunggah @luaneyap31.

Setelah sempat berdebat, netizen yang super penasaran lalu melakukan cek fakta untuk mengetahui dengan pasti apakah video ini hanyalah hoaks atau benar terjadi.

Dari kolom balasan unggahan @luaneyap31, terungkap bahwa binatang dalam video tersebut adalah alligator snapping turtle atau kura-kura buaya.

”Itu Alligator snapping turtle.. asli amerika.. ko di klaim asli arab.. Kalo mo liat ada tuh di taman mini, di akuarium air tawar TMII, dan taman reptil.. Makanya pikniknya jangan ke monas doang.. biar pinteran dikit..” tulis @meow_leader.

Dilansir dari National Geographic, alligator snapping turtle ini merupakan reptil purba yang sudah hidup sejak zaman dinosaurus. Hewan ini mampu hidup hingga 200 tahun di alam liar.

Secara fisik, hewan ini memiliki bagian kepala yang mirip dengan seekor alligator. Hal ini terlihat dari ujung bibirnya yang runcing dan rahang yang kuat.

Di bagian tempurungnya terlihat tiga scute dorsal yang berukuran besar dan berjumlah banyak. Di bagian belakang, hewan ini memiliki ekor yang panjang yang membuatnya berbeda dari kura-kura pada umumnya.

Alligator snapping turtle ini hidup di daerah Amerika Serikat seperti Texas hingga Florida, Indiana, hingga Kansas. Hewan ini juga senang hidup di perairan dangkal yang tidak terlalu dalam untuk memudahkannya mengambil udara di permukaan air.

Jika pengunggah video tersebut menyebut bahwa hewan ini hidup di kuburan, kabar tersebut adalah hoaks ya. Pasalnya, hewan ini butuh hidup di perairan.

Fakta lainnya yang terungkap dari berbagai komentar netizen adalah bahwa suara jeritan mengerikan yang dikeluarkan oleh hewan ini adalah hoaks dan bagian dari editing.

”hoax bro, suaranya editan, kocak sih..” tulis @MurtadhaOne dalam cuitannya.

Daripada harus mengeluarkan suara jeritan mengerikan, hewan ini justru akan langsung menggigit siapa saja saat dirinya merasa terancam.

Melansir Wikipedia, alligator snapping turtle ini ternyata masuk dalam daftar merah IUCN dengan kategori ‘Vulnerable’ yang menjelaskan jika kura-kura ini telah memasuki masa-masa rentan punah.

Melihat berbagai sumber, dapat sangat dipastikan jika video mengenai hewan yang ditemukan di kuburan dan memiliki suara jeritan mengerikan ini hanyalah hoaks

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top