News

Hormati Hasil Pemilu, MUI dan Kiai Bojonegoro Sepakat Tolak Seruan People Power

Foto: Istimewa

PIAH.COM – Para kiai serta ulama dan MUI Bojonegoro menegaskan jika pihaknya menolak aksi people power terkait hasil Pemilu 2019. Dalam hal ini, MUI Bojonegoro akan memprioritaskan konsolidasi peran organisasi di tahun politik 2019.

MUI Bojonegoro mengajak segenap tokoh agama untuk mengimbau seluruh organisasi kemasyarakat islam dan organisasi kepemudaan dan masayarakat untuk menghormati serta menyatukan perbedaan dan menghindari gerakan people power.

“Mari saling menghormati, dan menghindari people power,” terang Ketua MUI Bojonegoro KH Djauhari Hasan, saat menggelar pertemuan di Ponpes Al Rhosyid Dander, Rabu (15/5/2019).

Selain itu, Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Bojonegoro, Syamsuri menilai ada peran dua kelompok yang sangat menentukan dalam pembangunan Indonesia, yakni ulama dan umaro yang jelas mempunyai tanggung jawab besar.

Menurutnya, antar agama dan negara harus beriringan agar kehidupan berbangsa dan bernegara dalam kesatuan NKRI tetap teguh.

“Peran ulama dalam menentukan arah bangsa ini sangat besar, anak-anak kita harus mendapatkan pemahaman agama yang benar,” kata Syamsuri.

Pada pertemuan itu, para ulama juga menggelar deklarasi damai yang isinya yakni, ‘siap menjaga keutuhan negara kesatuan republik indonesia yang berdasarkan pancasila dan undang undang Dasar 1945’.

‘Bersama bersinergi menjaga kabupaten Bojonegoro tetap tertib, aman, damai dan sejuk. Mentaati segala peraturan perundang-undangan yang berlaku dan tidak melakukan tindakan yang bertentangan dengan hukum apalagi bersikap inkonstitusional atau people power’.

Juga mengajak seluruh komponen masyarakat Kabupaten Bojonegoro segera melakukan rekonsiliasi pasca pemilu 2019 terutama kepada para ulama, kiai, tokoh agama, para asatidz di manapun berada.

Ini upaya rekonsiliasi secapat mungkin mewujudkan situasi yang tertib, aman, damai dan sejuk di Kabupaten Bojonegoro. Sehingga penuh dengan persaudaraan ukhuwah wathaniyah dan ukhuwah islamiyah serta mengajak seluruh umat islam memperbanyak doa dan zikir.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top