Tips & Trik

Ikuti Cara Ini Agar Tidak Mabuk di Perjalanan

PIAH.COM – Masa libur Lebaran membuat banyak masyarakat bepergian keluar kota untuk kebutuhan mudik, maupun kebutuhan berlibur, tentunya berada dijalan dengan kendaraan seperti mobil menjadi hal yang banyak dilakukan oleh masyarakat.

Namun bagaimana jika kita mengalami mabuk di perjalanan akibat berada di dalam mobil ? tentunya hal tersebut bisa dicegah, berikut penjelasannya dan tipsnya.

1. Jangan Bermain Gadget Terlalu Lama!

Bermain gadget atau melakukan aktivitas seperti membaca yang terlalu lama di dalam kendaraan bisa mengakibatkan pusing loh! Banyaknya aplikasi dan permainan yang bersifat time killer memang membuat orang-orang sulit untuk lepas dari gadgetnya.

Ternyata, ketika Sahabat berkendara, keadaan biologis otak dan tubuh mengalami dilema. Berbeda ketika berpindah tempat dengan berjalan kaki atau berlari, tubuh akan terasa biasa saja karena kita merasakan perpindahan secara biologis -melangkahkan, bergerak- . Sedangkan ketika berkendara, tubuh akan berpindah tempat tanpa mengalami proses biologis.

Jadi, otak akan mengalami stres dan menganggap bahwa tubuh berada dalam kondisi yang salah. Ditambah lagi, bila bermain gadget, otak yang sedang dalam kondisi stres dipaksakan untuk fokus.

Alhasil, otak akan merespon bahwa tubuh dalam kondisi keracunan sehingga berdampak pada pusing dan mual.

2. Jangan Lapar atau Kekenyangan!

Kondisi perut yang kosong dapat memicu asam lambung. Ketika zat asam memenuhi lambung, ditambah dengan medan perjalanan yang berliku, kemungkinan besar Sahabat akan merasakan mabuk kendaraan.Tidak hanya untuk makanan loh ya, kondisi lambung yang penuh dengan air minum juga bisa menyebabkan mabuk di dalam kendaraan.

Selain itu, kalau kondisi perut Sahabat kekenyangan, bisa kerepotan kan kalau ingin buang air kencing atau buang air besar di jalan.

3. Gunakan Minyak Angin atau Aromaterapi

Cara ini merupakan salah satu cara klasik yang digunakan untuk menghindari mabuk kendaraan. Ketika sedang merasakan mabuk kendaraan, minyak angin atau aromaterapi juga bisa digunakan untuk menetralisir kondisi tidak enak badan.

Selain itu, minyak angin juga bisa digunakan untuk mencegah mabuk kendaraan. Ketika naik atau sebelum naik kendaraan, Sahabat bisa mengoleskan minyak angin ke pusar.

Cara ini berguna untuk mencegah tubuh masuk angin, paling ampuh untuk digunakan ketika duduk di depan arus ac mobil.

4. Alihkan Perhatian Perjalanan dengan Mengobrol!

Mengobrol di dalam kendaraan juga bisa mencegah mabuk kendaraan loh. Ketika mengobrol, perhatian kita akan fokus dengan lawan bicara, sehingga otak kita hanya akan merespon situasi pembicaraan ketimbang perjalanan.

Namun, jangan mengobrol dengan menghadap belakang atau berlawanan dengan arah perjalanan. Karena di dalam kondisi ini, Sahabat justru akan merasa pusing dan bisa mabuk kendaraan.

Selain itu, jangan berat-berat ya pembicaraannya. Takutnya, sahabat bisa pusing karena obrolannya, bukan karena kendaraannya.

5. Menikmati Pemandangan di Perjalanan

Ketika tidak ada teman untuk mengobrol, Sahabat bisa melakukan hal ini untuk menghindari mabuk kendaraan. Menikmati pemandangan di perjalanan ditemani dengan musik favorit bisa menjadi alternatif untuk menghilangkan rasa mabuk kendaraan.

Hanya saja, cara ini tidak bisa dilakukan di setiap kondisi perjalanan. Apalagi, untuk perjalanan di perkotaan, karena kemungkinan yang Sahabat liat bukan pemandangan alam, melainkan kemacetan.

Itulah 5 tips untuk mencegah agar tidak mabuk di perjalanan, tentunya sebuah pencegahan lebih baik dibandingkan mengatasi yang sudah terjadi, ( fik/piah ).

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top